Select Page

Latihan Dasar Kepemimpinan atau biasa disingkat sebagai LDK merupakan kegiatan yang biasanya harus diikuti sebelum menjadi bagian dari sebuah organisasi baik di sekolah maupun di kampus. Kegiatan LDK ini seringkali diisi dengan penyampaian materi tentang kepemimpinan, organisasi, dan kegiatan di luar ruangan seperti baris-berbaris maupun outbound. Namun, ada yang berbeda dari LDK yang diselenggarakan oleh SMAN 8 Jakarta.

Kegiatan LDK dengan peserta siswa kelas X yang tergabung dalam OSIS dan PK yang diselenggarakan oleh SMAN 8 Jakarta disebut sebagai Latihan Kepemimpinan Siswa atau biasa disebut LKS. Dalam LKS, satu hal yang membedakannya dari LDK milik sekolah dan kampus lain adalah keberadaan kegiatan Social Project (Projek Sosial). Tahun ini, SMAN 8 Jakarta kembali bekerja sama dengan Maxima dalam perihal penyelenggaraan teknis LKS maupun kegiatan Social Project di dalamnya.

Social Project LKS SMAN 8 Jakarta sendiri di tahun ini dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Juni yang merupakan hari ketiga dari rangkaian kegiatan yang telah terlaksana pada 24-27 Juni di Kinasih Resort, Depok, Jawa Barat. Observasi yang hasilnya menjadi dasar informasi bagi kegiatan Social Project dilaksanakan pada dua hari pertama kegiatan, menyelingi kegiatan penyampaian materi di dalam ruangan yang disebut sebagai diklat. Bentuk kegiatan Social Project sendiri berasal dari inisiatif konsep masing-masing dua belas kelompok peserta dan dimaksudkan sebagai bentuk kontribusi langsung peserta didik SMAN 8 Jakarta bagi masyarakat sekitar.

Selain Social Project, diklat yang berbentuk penyampaian materi dalam ruangan juga termasuk sebagai salah satu rangkaian acara LKS SMAN 8 Jakarta. Materi seperti Manajemen Organisasi, Manajemen Risiko, Komunikasi Asertif, dan Rapat Efektif yang disampaikan oleh para narasumber yang sudah ahli dalam bidangnya ditujukan untuk membekali peserta LKS dalam menjalani organisasi OSIS dan PK lebih serius lagi di masa depan.

Kegiatan outbound yang menjadi penutup kegiatan LKS SMAN 8 Jakarta 2019 secara tidak resmi pun tidak kalah seru dengan acara-acara sebelumnya. Kegiatan ini difasilitasi oleh fasilitator dari Maxima dengan tujuan agar peserta LKS dapat menumbuhkan rasa persatuan di antara masing-masing personalnya demi kerja sama dalam organisai yang lebih baik ke depannya.

Selesainya seluruh rangkaian kegiatan ditandai dengan dipulangkannya seluruh peserta ke rumah masing-masing. Dengan terlaksananya LKS SMAN 8 Jakarta 2019 ini, diharapkan bibit-bibit penerus OSIS dan PK di SMAN 8 Jakarta dapat menerapkan bekal yang telah diterimanya dalam kegiatan berorganisasi di sekolah sekaligus sadar akan kontribusi yang harus dilakukan kepada mayarakat sekitar sebagai anggota organisasi.