Select Page

Organizational behavior atau perilaku keorganisasian adalah sebuah studi yang menggambarkan bagaimana orang berperilaku di dalam organisasi. Studi ini bisa dibagi menjadi tiga kategori yaitu : Individual dalam organisasi (micro-level), Work Group dalam organisasi (meso-level), dan yang terakhir adalah bagaimana organisasi secara keseluruhan berperilaku (macro-level). Perilaku keorganisasian dianggap sebagai sesuatu yang menarik untuk dipelajari dikarenakan dapat membuat lingkungan bisnis yang lebih efektif.

 

Sejarah Studi Perilaku Keorganisasian

Pada tahun 1920, dilakukan sebuah penelitian mengenai perilaku pegawai di Western Electric Company di pabrik Hawthorne Works, Cicero, Illnois. Peneliti ingin mengetahui pengaruh antara peningkatan fasilitas tempat kerja dengan produktivitas. Hasilnya adalah ternyata peningkatan fasilitas di tempat kerja tidak begitu mempengaruhi produktivitas, malah justru yang sangat mempengaruhi adalah faktor sosial. Kedekatan antar pegawai, ataupun rasa apresiasi bos terhadap pegawainya malah jauh lebih penting ketimbang faktor fasilitas di tempat kerja.

Setelah penelitian pertama yang dilakukan di Hawthorne Works, mulai banyak penelitian yang berfokus pada ke perilaku kemanusiaan di organisasi. Hal ini juga dikarenakan salah satu hasil penelitian peneltian di Hawthorne Works adalah Hawthorne’s Effect. Hawthorne’s Effect adalah efek yang ditimbulkan pada produktivitas seseorang karena merasa diawasi. Seseorang bisa saja meningkatkan produktivitasnya karena merasa diawasi oleh atasannya, ataupun sebaliknya menurunkan produktivitas ketika tidak merasa terawasi. Pada akhirnya, Hawthorne’s Effect membuka banyak cabang penelitian baru dimana perilaku keorganisasian sangatlah penting untuk dipelajari, karena ternyata banyak sekali hal yang mempengaruhi produktivitas seseorang dalam bekerja.

 

Pentingnya Perilaku Keorganisasian di Masa Kini

Setelah perilaku keorganisasian diubah menjadi bentuk studi pada tahun 1970, mulai banyak yang mendiskusikan pentingnya studi tentang perilaku keorganisasian untuk peningkatan produktivitas. Hingga saat ini pun, studi-studi itu masih dilakukan. Karen Wong (2018) pada situs JEB group mencoba menuliskan pentingnya perilaku keorganisasian di masa kini. Ia menyebutkan bahwa setidaknya ada tiga hal yang bisa mendasari hal ini, yaitu Motivation, Performance, dan Office Characteristics.

Motivation

Pimpinan suatu organisasi harus dapat mengetahui motivasi para pekerja. Karena hal ini juga akan mempengaruhi tingkat produktivitas mereka. Dengan mengetahui motivasi pun, kita juga dapat menghindari Hawthorne’s Effect terjadi, dan dapat memaksimalkan produktivitas pegawai melalui aktualisasi diri.

Performance

Dengan mengetahui perilaku keroganisasian, kita juga dapat mengetahui perilaku mana saja yang ternyata dapat mengurangi performa. Contoh yang sering kita temui adalah gosip, walau mungkin dengan gosip ini para pekerja mungkin dapat lebih dekat, namun dalam keadaan lain perilaku gosip ini malah akhirnya dapat membuat pegawai tidak bekerja dan bahkan sangat rawan akan konflik.

Office Characteristics

Hal terakhir yang menjadikan studi mengenai perilaku keorganisasian penting adalah dikarenakan dengan meneliti hal ini, pemimpin perusahaan dapat mengetahui karakteristik dari tempat kerja. Tempat kerja harus juga disesuaikan dengan perilaku manusia yang ada di organisasi itu. Tempat kerja yang terlalu sempit maupun terlalu besar akan menyusahkan pegawai.

 

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan studi akan perilaku keorganisasian pada setiap perusahaan. Karena, demi meningkatkan performa pegawai diperlukan pengertian yang mendalam terhadap sifat setiap komponen organisasi yang ada. Maxima Indonesia, melalui riset dan policy advisory, dan capacity building-nya dapat membantu perusahaan dalam mengenali dan memberikan arah mengenai perilaku organisasi yang lebih baik.

 

 

Reference :

Kopp, Carol M. (2019). Organizational Behavior. Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/o/organizational-behavior.asp [Accessed on 6 August 2020]

Wong, Karen. (2018). The Importance of Organizational Behaviour. JEB Group. https://jebgroup.com/news/2018/1/11/the-importance-of-organizational-behaviour  [Accessed on 6 August 2020]

Share This

Share this post with your friends!