Select Page

Bagi pecinta serial animasi Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan anime Naruto. Anime bertema dunia ninja ini menceritakan tentang tokoh utama, yaitu Uzumaki Naruto, seorang anak yatim piatu sejak lahir dan dijauhi oleh orang-orang sekitarnya lantaran terdapat seekor monster yang tersegel dalam tubuhnya. Meskipun hidup seorang diri, Naruto tetap optimis dalam menjalani hari-harinya.

Cemooh dan perlakuan tidak menyenangkan dari teman-temannya tak menghalanginya untuk tetap bermimpi. Dengan tekun berlatih dan tak kenal kata menyerah, Ia yakin suatu hari nanti mimpinya dapat terwujud, yaitu menjadi seorang hokage (pemimpin) di desanya. Menyaksikan anime ini, pasti sudah familiar dengan kutipan sang tokoh utama, “Aku tak akan menarik kembali kata-kataku, karena itulah jalan ninjaku.”

Sama halnya dengan Naruto, setiap orang pasti punya mimpi atau keinginan yang hendak dicapai. Berbagai daya dan upaya akan dikerahkan demi menggapai mimpi tersebut, termasuk mempertaruhkan nasib di tengah kerasnya ibukota. Banyak orang rela meninggalkan sanak saudara di tempat asalnya, dengan harapan dapat mengubah hidup menjadi lebih baik di ibukota.

Ibukota memang menjanjikan masa depan yang cerah bagi para penghuninya. Namun, tak sedikit orang yang justru bernasib tak baik di kota ini. Sengitnya persaingan pada lapangan kerja, menjadi salah satu pemicu permasalahan yang dialami para perantau yang ingin mengadu nasib di ibukota.

Melawan arus kemiskinan, merintis wirausaha merupakan salah satu cara untuk tetap bertahan. Tak hanya masa depan yang menjanjikan, dengan adanya kegiatan wirausaha, maka dapat menciptakan lapangan kerja baru. Dikutip dari entrepreneurcamp.id , berikut cara meningkatkan daya saing bagi pengusaha.

  1. Ciptakan produk yang unik

Produk Anda harus unik agar tidak berumur pendek. Keunikan tidak hanya membuat produk Anda berbeda dari yang lain, tapi juga menambah nilai jual, sehingga Anda bisa mematok harga yang lebih tinggi. Jika produk Anda mahal, Anda bisa menghasilkan margin keuntungan yang lebih besar. Uang yang lebih bisa meningkatkan modal untuk mengembangkan bisnis Anda ke depannya.

  1. Jalankan Pemasaran Online

Banyak usaha kecil menengah yang belum menjalankan pemasaran secara digital. Padahal, zaman yang telah modern mengharuskan Anda untuk “go online” supaya bisnis Anda lebih mampu bersaing. Maka dari itu, lakukan penjualan melalui internet. Mulailah memasarkan produk Anda di media sosial, website marketplace, hingga membuat website toko online Anda sendiri.

  1. Ikuti Perkembangan Tren

Saat ada tren yang baru, di situlah ada peluang baru yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Anda perlu segera merespons permintaan pasar dengan menyediakan produk yang sedang hits di kalangan masyarakat. Dengan mengikuti perkembangan tren, Anda bisa selalu menyediakan kebutuhan masyarakat yang berubah-ubah. Bisnis Anda akan selalu relevan dan terus dicari oleh konsumen.

  1. Lakukan Inovasi Menarik

Tanpa inovasi, cepat atau lambat bisnis Anda akan ditinggalkan. Anda harus membuat gebrakan baru. Perubahan diperlukan agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk yang itu-itu saja. Namun pastikan inovasi Anda itu menarik dan dapat menjawab kebutuhan konsumen yang selama ini belum pernah ditawarkan oleh bisnis lain, sehingga bisnis Anda akan menciptakan tren yang baru dan tidak hanya sekadar mengikuti tren saja.

  1. Perlakukan Pelanggan dengan Baik

Dalam meningkatkan daya saing, Anda harus memperlakukan pelanggan dengan baik. Pelanggan adalah sumber penghasilan bisnis Anda. Jika pelanggan meningkat, penghasilan bertambah, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, layani setiap pelanggan secara profesional dan penuhi permintaan mereka. Perhatikan kepuasan pelanggan, karena keberadaan mereka akan menjamin keberlangsungan usaha Anda ke depannya.

  1. Belajar Manajemen Bisnis

Anda harus menguasai manajemen bisnis. Usaha kecil menengah juga perlu memiliki manajemen bisnis yang baik agar semua lini dalam bisnis Anda dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan berhasil mencapai tujuan. Manajemen bisnis sendiri mencakup beberapa hal, di antaranya manajemen sumber daya manusia, produksi, keuangan, pemasaran, dan informasi. Pelajari semuanya, sehingga Anda dapat mengelola operasional bisnis secara lebih profesional.

 

Untuk menggerakkan perekonomian masyarakat yang lebih maju, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan berkolaborasi dengan Maxima Indonesia terbukti telah mengadakan workshop manajemen kewirausahaan bagi para penggiat Usaha Mikro Menengah Kecil atau UMKM. Dengan workshop ini, harapannya para pengusaha yang baru merintis dapat memiliki daya saing. Bersama Maxima Indonesia sebagai konsultan Corporate Social Responsibility (CSR) bagi pemerintah, para pelaku bisnis diharapkan dapat terbantu dalam mewujudkan mimpinya menjadi sukses hidup di Ibukota Negara Indonesia, Jakarta.

 

Source :

http://entrepreneurcamp.id/meningkatkan-daya-saing/ [Diakses pada 11 Agustus 2020]

Share This

Share this post with your friends!