Select Page

Peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia belum lengkap rasanya jika tidak dimeriahkan oleh euforia perlombaan. Berbagai perlombaan mulai dari tingkat anak-anak hingga dewasa pun ada. Perlombaan yang paling ekstrim untuk tingkat dewasa biasanya adalah panjat pinang.

Dalam permainan panjat pinang tidak ada peraturan khusus, masing-masing anggota regu harus memanjat pohon pinang (sekarang lebih sering menggunakan bambu) untuk dapat mengambil berbagai hadiah yang ada di pucuk batang pohon. Tidak mudah untuk bisa sampai ke atas, terlebih batang pohon tersebut dilumuri oli atau lumpur, sehingga butuh perjuangan ekstra untuk bisa sampai ke atas dan mengambil hadiahnya.

Filosofi Permainan Panjat Pinang

Lomba panjat pinang yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda ini secara khusus ini mengandung filosofi tersendiri, diantaranya sebagai berikut:

  1. Gotong Royong

Arti gotong royong di dalam perlombaan ini yaitu kerjasama tim sangat yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke atas. Gotong royong pada perusahaan berarti saling bahu membahu dalam menyelesaikan tugas yang telah diberikan.

  1. Saling Menyemangati

Dalam hidup, sekuat apapun tentu kita butuh untuk tetap disemangati oleh orang-orang di sekitar, terlebih orang-orang yang memang memiliki tujuan bersama dengan kita.

  1. Kerja Keras dan Tekun

Sama halnya dengan panjat pinang, diperlukan kerja keras dan ketekunan pada diri para pekerja untuk bisa mencapai tujuan. Kesuksesan hanya dapat diraih dengan kerja keras dan tidak mengenal lelah.

  1. Kesabaran

Kerja keras tanpa kesabaran tidak akan menghasilkan apa-apa. Dalam panjat pinang sering kali pemain mengalami kegagalan saat sudah hampir sampai di puncak, maka dari itu mereka harus mengulang kembali dan mengulang semuanya dari awal untuk dapat memenangkan permainan. Hal ini sangat membutuhkan kesabaran tingkat tinggi.

  1. Saling Mempercayai

Memanjat batang pohon yang dilumuri oli atau lumpur tentu bukan hal yang mudah, maka butuh kepercayaan satu sama lain dengan sepenuh hati bahwa siapapun yang sampai ke puncak tujuannya adalah untuk kemenangan bersama. Kemenangan tidak akan didapatkan jika tim tidak saling mencurigai satu sama lain.

Korelasi Panjat Pinang Dengan Kehidupan di Dunia Kerja

Berdasarkan pemaparan filosofi panjat pinang di atas, terdapat korelasi dengan kehidupan di dunia kerja. Perusahaan tidak akan mampu berkembang apabila para karyawan tidak memiliki semangat untuk saling berjuang mencapai tujuan. Untuk mendobrak semangat juang para pekerja di suatu perusahaan, dapat dilakukan dengan cara menyelenggarakan beberapa program seperti training atau seminar. Maxima Indonesia sebagai konsultan Corporate Social Responsibility atau CSR, selalu berupaya menjalankan program yang dibutuhkan untuk memajukan kesejahteraan para pekerja  yang berdampak positif untuk menekan rasa jenuh selama bekerja.

 

Source :

https://dutadamaibanten.id/artikel-damai/filosopi-panjat-pinang-dan-kontroversinya/ [Diakses pada 17 Agustus 2020]

Share This

Share this post with your friends!