Select Page

Cepat atau lambat dalam dunia korporasi, pelatihan dan pengembangan diri adalah sebuah kebutuhan khusus yang perlu.  Masa kini pelatihan untuk mengembangkan diri hanya menjadi prioritas terendah di kebanyakan perusahaan. Pun sebuah perusahaan mengadakan hal itu, maka yang dapat menikmatinya hanya bagian HR (Human Resources). Padahal setiap tenaga kerja di bagian divisi manapun berhak mendapatkan pelatihan pengembangan diri guna mengakselerasi potensi yang mungkin saja terpendam atau sulit untuk dieksplor. Sehingga, sudah menjadi keharusan di setiap perusahaan yang memiliki jam terbang tinggi dalam mengelola klien dan mengharuskan untuk meng-hire tenaga kerja pantas untuk menjadwalkan pelatihan mengembangkan diri.

¹Menurut laporan survei yang dikeluarkan oleh Harvard Bussiness Review Analytic Services bahwa 71% pemimpin bisnis meyakini high-performing untuk pertumbuhan tenaga kerja sangatlah penting. Tenaga kerja yang terlibat dan berkembang dapat meningkatkan inovasi, produktivitas, dan kinerja. Sehingga dapat meningkatkan surplus perusahaan dari tenaga kerja yang tumbuh dan multi-tasking.

Pemimpin bisnis akan selalu mendorong semangat tenaga kerjanya untuk memiliki proses gigih, juga membuat capaian kepuasan dalam suatu pekerjaan yang sudah atau akan diselesaikan. Dorongan perencanaan kerja seperti ini kadang kala menjadi jarang sehingga saat tenaga kerja merasa tak semangat untuk menyelesaikan pekerjaan, maka mereka akan menjadi abai akan usahanya. Sehingga, seringnya memberikan pelatihan untuk mengembangkan diri tenaga kerja  akan memberikan kekuatan dalam diri, semangat dan perolehan ilmu baru yang akan menjadi inovasi pada saat bekerja. 72% peringkat pengakuan responden diberikan untuk mereka yang memiliki performa tinggi dalam kerjasama tim.

Saya dapat mencontohkan di Maxima Indonesia yang memfasilitasi tenaga kerjanya untuk mendapatkan hal baru guna meningkatkan performa dan kinerja kerja sehari-hari melalui half-day class disebut Maxima Academy. Pengetahuan umumnya di dalam Maxima Academy akan memberikan pelatihan mengembangkan diri yang secara tidak langsung kita bisa manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti: cara berpakaian guna memberikan estetika visual yang ber-value, elevator speech, interpersonal skill, dan lainnya yang berhubungan dengan pengembangan diri.

References:

¹ https://hbr.org/resources/pdfs/comm/achievers/hbr_achievers_report_sep13.pdf

By: Ayunita-Digital Media Specialist of Maxima Indonesia

Share This

Share this post with your friends!