Memiliki waktu luang di tengah padatnya aktivitas merupakan hal yang cukup menyenangkan. Meskipun menyenangkan, terkadang bingung menentukan  kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang tersebut. Stress Akibat Terlalu Lama Kerja dari Rumah? Yuk simak beberapa kegiatan yang bisa mengisi waktu luangmu agar tetap produktif dan sesuai dengan kepribadianmu.

Untuk kamu yang punya keprobadian Introvert bisa coba kegiatan dibawah ini, karena kegiatan-kegiatan ini bisa kamu sendiri tanpa harus berinteraksi dengan banyak orang.

1. Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing

belajar bahasa asing

Pada zaman modern saat ini, kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan khususnya untuk dunia kerja. Belajar bahasa asing sekarang bisa diakses dimanapun secara otodidak tidak perlu lagi belajar dalam kelas formal sepert bimbingan belajar bahasa, seperti melalui aplikasi, menonton film, membaca buku, kursus online, bahkan berbicara dengan penutur aslinya melalui media sosial. Banyak situs di online yang memfasilitasi untuk belajar bahasa asing, contohnya situs untuk belajar bahasa korea bisa melalui situs “how to study korean” kalian bisa belajar bahasa korea secara gratis, dan bisa juga belajar bahasa jepang seperti belajar hiragana dan katakana dan belajar nulis kanji.

2. Baca Buku / Novel

Jangan Paksa Mahasiswa Baca Buku

Bersantai sambil membaca buku / foto by kumparan.com

Kesibukan di luar rumah terkadang menjadi penghambat untuk membaca buku baru yang masih terkemas dengan baik atau sekedar niatan untuk membaca kembali buku lama yang menjadi kesukaan. Waktu luang yang tersedia di rumah akan membuat kamu untuk menyelesaikan bacaan buku yang mungkin sebelumnya tersendat karena berbagai aktivitas yang tidak memungkinkan kamu untuk membaca buku.

Kegiatan membaca buku ini menjadi cara yang paling murah dan mudah untuk melatih fungsi otak dengan mengembangkan kemampuan daya ingat dan fungsi kognitifnya. Coba buka lemari buku di rumah dan lihat koleksi bukumu, ini saatnya bernostalgia dengan buku-buku kesukaanmu!

3. Belajar Memasak

Makin Percaya Diri Memasak Menu Lezat di Rumah, Kuncinya 1 Hal Ini

Memasak merupakan salah satu aktivitas yang memerlukan keahlian

Memasak merupakan salah satu ide yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu luang Anda. Pelajarilah resep yang bisa ditemukan pada media sosial dan Anda bisa menerapkannya dengan mencoba memasaknya sendiri. Berhati-hatilah saat Anda menggunakan kompor dan pastikan agar tingkat kesulitan resep yang Anda coba sesuai dengan keahlian yang Anda miliki.

4. Menata ulang dekorasi ruangan

dekorasi ruang tamu minimalis untuk rumah kecil

Menata ulang dekorasi ruangan

Mengisi waktu luang bisa juga dengan cara menata ulang kembali dekorasi ruangan dirumah, apalagi saat ini sedang adanya pandemi covid-19 membuat aktifitas sehari-hari banyak dilakukan dirumah.

Ini saatnya untukmu mendekor ulang ruangan di rumah, seperti ruang kamar atau ruang keluargamu. Berbagai perlengkapan dekorasi cantik kini makin banyak pilihannya di e-commerce dan kamu juga bisa membuat berbagai karya DIY (do it yourself) yang mempercantik ruangan. Seperti vas bunga, rak sepatu, alas meja, dan lain-lain. inspirasi mendekor ruangan bisa kamu cari di Pinterest.

5. Melukis

Painting

Kegiatan melukis memiliki beberapa manfaat untuk diri sendiri

Melukis juga tidak membutuhkan biaya mahal. Cukup dengan modal pensil dan selembar kertas / canvas. Ternyata kegiatan melukis memiliki beberapa manfaat, seperti meningkatkan kecerdasan, serta menghilangkan stres setelah bekerja. Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, berbagai platform pun menyediakan akses tak terbatas berupa visual yang bisa jadi bahan pembelajaran Anda, seperti Instagram dan YouTube. isa lho mempelajarinya dari platform tersebut. Di sana berisi banyak konten yang bisa Anda pilih termasuk bagaimana cara melukis mudah terutama bagi pemula.

6. Bercocok Tanam

Ilustrasi berkebun di rumah. (Foto: Pertanianku.com)

Bercocok tanam adalah kegiatan alternatif untuk mengisi waktu luang

Bercocok tanam adalah salah satu alternatif kegiatan untuk mengisi waktu luang. Tak selalu butuh lahan yang luas untuk dapat bercocok tanam di rumah. Cara berkebun di rumah bagi pemula pun dapat pula dilakukan dengan mudah. Inilah tips-tips mudah bagi para pemula yang ingin bercocok tanam:

  1. Siapkan Pupuk
  2. Pilih bibit bunga
  3. Sesuaikan dengan iklim setempat
  4. Sesuaikan dengan media
  5. Konsisten

Nah, itu beberapa kegiatan untuk tipe kepribadian yang introvert, sekarang cari tahu kegiatan yang seru-seru untuk kamu yang punya tipe kepribadian ekstrovert:

7. Mengunjungi Art Exhibition

art exhibiton

Art Exhibiton di Meseum Macan Jakarta

 

Jika anda bosan mengisi waktu luang dengan dirumah aja, sekali-kali bisa pergi kegiatan diluar. Salah satunya bisa mengunjungi art exhibiton, apalagi sekarang art exhibiton sudah banyak ada dimana-mana. Manfaat mengunjungi art exhibition adalahuntuk dinikmati dan di pahami makna yang terkandung dalam suatu karya sehingga dapat menambah wawasan atau cakrawala perkembangan kesenian mereka dan bisa juga untuk stress relief setelah lelah bekerja.

8. Berolahraga

Senam Aerobik Atau Zumba Di Rumah Bisa Menjadi Pilihan Kalian

Olahraga dirumah dengan streaming video / foto by wowkeren.com

Olahraga bisa dilakukan untuk tipe kepribadian apapun karena olahraga berguna untuk menjaga kesehatan tubub. Kamu tak perlu melakukan olahraga berat untuk mengisi waktu luangmu, lakukan saja olahraga ringan dan menyenangkan. Misalnya, senam zumba, jogging pagi sambil mendengarkan musik, bersepeda, badminton, atau berenang. Olahraga juga tidak harus diluar rumah sekarang sudah mudah dengan streaming video. Setelah kamu melakukan olahraga, badan kamu menjadi lebih bugar. Selain itu, pikiranmu akan menjadi lebih rileks sehingga bukan tak mungkin pula justru ide-ide baru mengalir di kepalamu.

9. Trekking Ke Curug

Wisata di curug atau air terjun saat ini sedang menjadi tren, apalagi banyak curug yang berlokasi tak jauh dari Jakarta. Selain indah, wisata di curug juga menyenangkan apalagi kalau kesana bersama sahabat-sahabat atau keluaga, karena turis bisa sekaligus berenang dan berfoto di sana. Berikut tips / hal yang harus disiapkan sebelum kamu ke curug:

  1. Berangkat pagi
  2. Hindari Musin Hujan
  3. Pahami Medan
  4. Pulang sebelum hujan / gelap
  5. Simpan Barang Elektronik
  6. Bawa baju ganti
  7. Bawa bekal makanan & minum
  8. Bawa kantong sampang

10. Hunting Foto

Kegiatan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan hunting foto. Kegiatan hunting foto selain menyenangkan juga bisa mengasah kemampuan berpikir untuk menentukan dan mengambil gambar. Hunting foto bisa dilakukan secara sendiri atau bisa juga ikut dalam komunitas fotografi.

Itulah beberapa tips / kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk tetap produktif saat ada waktu luang, dan kamu bisa menentukan sendiri kegiatan apa yang cocok dengan kepribadanmu. Dengan melakukan hal-hal yang positif maka waktu kamu tidak akan terbuang sia-sia namun lebih bermanfaat sehingga akan memberikan dampak yang positif di kehidupanmu1

Dan jangan lupa untuk pergunakanlah waktu luang untuk istirahatkan tubuh setelah menyelesaikan banyak aktivitas yang melelahkan!

 

 

Baca juga beberapa artikel menarik lainnya:

Quality of Work Life: Kunci Sukses Work-Life Balance

Mengubah Tradisi Buruk dengan Metode Perubah Habit

Share This

Share this post with your friends!