Article

Lebih dari Sekedar Aksi Sosial, Community Activation dan Impact Agency sebagai Pilar Perubahan Positif!

Community activation merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan anggota dalam sebuah komunitas. Community activation melibatkan beberapa tahapan seperti mengidentifikasi pemangku kepentingan utama dalam suatu komunitas, membangun hubungan dengan mereka, dan memfasilitasi partisipasi mereka dalam berbagai inisiatif yang didasarkan pada kebutuhan dan aspirasi komunitas. Keterlibatan pemangku kepentingan dalam suatu kegiatan ini sangat penting, karena dapat memberikan perspektif yang lebih baik tentang kebutuhan dan tantangan yang dihadapi komunitas. Dengan cara ini, proses community activation dapat membantu memperkuat keterlibatan dan partisipasi anggota komunitas dalam menciptakan perubahan yang positif. 

Community activation juga memerlukan fokus pada keberlanjutan. Hal ini berarti menciptakan program dan kegiatan yang dirancang dalam jangka panjang, dan bukan hanya upaya sementara yang akan kehilangan momentum dengan cepat. Inisiatif yang berkelanjutan dapat membantu membangun kepercayaan dan hubungan dalam komunitas, yang dapat mengarah pada peningkatan keterlibatan dan rasa memiliki dalam kalangan anggota komunitas.

Community activation dan impact agency memiliki hubungan erat karena keduanya bertujuan untuk menciptakan perubahan positif dalam komunitas. Community activation melibatkan proses mobilisasi dan pemberdayaan individu untuk bertindak pada tujuan bersama dalam komunitas mereka, sedangkan impact agency melibatkan organisasi atau lembaga yang berusaha untuk menciptakan dampak sosial positif yang signifikan melalui program dan kegiatan yang mereka jalankan.

Ketika suatu komunitas diaktifkan melalui proses aktivasi komunitas, individu di dalamnya menjadi terlibat dan memiliki rasa kepemilikan yang lebih kuat dalam proses perubahan. Hal ini dapat menciptakan kesadaran yang lebih besar tentang isu-isu sosial dan lingkungan di sekitar mereka, dan memotivasi individu untuk berpartisipasi dalam berbagai program  yang disediakan oleh impact agency. Dengan bekerja sama, community activation dan impact agency dapat menciptakan sinergi yang lebih besar dalam menciptakan perubahan sosial positif yang signifikan dalam komunitas. Community activation dapat memotivasi individu dan kelompok dalam komunitas untuk berpartisipasi dalam program-program impact agency, sementara impact agency dapat memperkuat proses aktivasi komunitas dengan menyediakan sumber daya dan dukungan yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama. 

Community activation penting bagi perusahaan karena melalui aktivasi komunitas, perusahaan dapat memperkuat hubungannya dengan masyarakat, meningkatkan citra, dan membantu menciptakan perubahan positif yang signifikan di komunitas sekitar. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perusahaan perlu community activation:

  1. Menciptakan kepercayaan dan dukungan masyarakat. Melalui program community activation, perusahaan dapat memberikan kontribusi positif pada komunitas sekitarnya dan membantu memecahkan masalah sosial. Hal ini dapat menciptakan kepercayaan dan dukungan dari masyarakat dan meningkatkan citra perusahaan di mata publik.
  2. Meningkatkan keterlibatan karyawan. Program community activation dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dalam kegiatan sosial dan lingkungan, sehingga membangun semangat kebersamaan dan saling percaya di antara mereka.
  3. Mengurangi risiko reputasi. Perusahaan yang berkontribusi pada masyarakat secara positif dapat mengurangi risiko terhadap kritik atau tuntutan dari masyarakat dan dapat memperkuat reputasi perusahaan di mata publik.
  4. Meningkatkan efisiensi operasional. Melalui program community activation, perusahaan dapat membangun kemitraan dengan masyarakat setempat, organisasi non-profit, dan lembaga pemerintah, yang dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional dan menambah sumber daya untuk berbagai program yang dimiliki.
  5. Meningkatkan keberlanjutan perusahaan. Program community activation dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan keberlanjutan, seperti pengurangan emisi karbon dan penggunaan energi yang lebih efisien, serta meningkatkan lingkungan kerja yang sehat dan berkelanjutan.

Maxima sebagai impact agency dapat membantu organisasi dan perusahaan dalam menciptakan perubahan sosial positif melalui program community activation yang inovatif dan bermanfaat. Maxima dapat membantu dalam proses perencanaan, implementasi, dan evaluasi program community activation. Salah satu program community activation yang baru saja diimplementasikan oleh Maxima adalah program Kader Jumantik Berantas Jentik. Program yang merupakan hasil kolaborasi HIT dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor ini memiliki tujuan untuk membangun relevansi kuat HIT sebagai solusi pemberantasan Demam Berdarah Dengue  (DBD). Program ini diikuti oleh 100 kader Jumantik dan telah dilaksanakan pada 13 – 18 Maret 2023 di 5 wilayah kabupaten Bogor.

Meet Us

Visit Us

If you’d like more information about any of our work, we’d love to hear from you.

Visit Us
Lorem Ipsum is simply dumy text of the printing typesetting industry lorem ipsum.

Contact Us

Visit our office in Jakarta Selatan to learn about our work and approach to solve social and environmental challenges.

Contact Us
Lorem Ipsum is simply dumy text of the printing typesetting industry lorem ipsum.

Project

Insight & Report