Program Mahasiswa CERDAS (PMC) adalah sebuah program bantuan pendidikan yang diberikan kepada pelajar kalangan menengah kebawah yang menjalani pendidikan tinggi pada kampus-kampus negeri unggulan di DKI Jakarta. Kampus-kampus yang menjadi sasaran untuk program ini adalah Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Media Kreatif, serta Akademi Pimpinan Perusahaan. PMC diselenggarakan oleh BAZIS Provinsi DKI Jakarta dan bekerjasama dengan Maxima Indonesia, dimana program ini mulai dijalankan sejak tahun 2018. Nilai utama yang mendasari penyelenggaraan program ini adalah nilai CERDAS, yaitu Cendekia, Religius, Dermawan, Aktif, dan Sosial. Nilai-nilai ini diharapkan tertanam pada penerima bantuan lewat program pembinaan yang diberikan. Ide besar yang mendasari pembuatan program ini adalah harapan untuk mencetak kader-kader yang mempunyai sifat kepemimpinan. Program pembinaannya yang ada merupakan salah satu hal unik yang ada dalam PMC, dimana para peserta dibina secara rutin dari pagi sampai malam hari. PMC juga membantu mencetak mahasiswa-mahasiswa berprestasi yang mempunyai kontribusi di organisasi atau perlombaan, sehingga mereka terbukti berkarya di kampus masing-masing setelah mendapatkan pembinaan dari program ini. Dengan adanya PMC, diharapkan para mahasiswa bisa menjadi kader pemimpin unggul di daerahnya masing-masing dan mampu memperbaiki kondisi ekonomi keluarga merek nantinya.

Pada Sabtu, 31 Juli 2021, Program Mahasiswa Cerdas mengadakan acara untuk para mahasiswa yang mendapatkan bantuan pendidikan dan telah mengikuti rangkaian pembinaan program ini. Acara tersebut dinamakan sebagai “Graduation PMC”, dengan tajuk acara yang berbunyi “Akhir Bukan Berarti Berakhir”. Ide besar yang mewarnai Graduation PMC adalah keinginan untuk membuat kenangan terakhir antara mahasiswa yang terlibat dalam program PMC dan juga pihak BAZIS DKI Jakarta sebelum para mahasiswa melanjutkan tahapan baru di hidup mereka. Para peserta yang mengikuti Graduation PMC adalah para mahasiswa tingkat akhir yang diberikan bantuan pendidikan lewat program ini, perwakilan dari BAZNAS BAZIS DKI Jakarta dan Maxima Indonesia, dan pendamping program PMC. Acara ini bertujuan sebagai perwujudan simbolisasi berakhirnya program PMC dan pembentukan kenangan terakhir bersama pihak-pihak yang terlibat dalam PMC.

Acara Graduation PMC diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom. Terdapat dua sesi acara yang dilaksanakan, yaitu sesi formal dan non-formal. Sesi formal berisikan sambutan dari perwakilan BAZIS DKI Jakarta dan Maxima Indonesia, pemberian kesan-pesan dari pihak BAZIS dan perwakilan peserta PMC, serta penayangan video sebagai simbolisasi wisuda peserta PMC. Sementara, sesi non-formal terdiri atas sesi games, sesi sharing bersama Ivan Ahda  selaku founder Maxima Indonesia, penayangan video kesan-pesan dari pendamping untuk peserta PMC, penyampaian kesan dari perwakilan peserta, dan sesi penyampaian pesan dari Project Manager PMC, yaitu Triana Nur Baity. Games yang diadakan selama acara ada yang berkaitan dengan PMC, seperti games yang berjudul “Seberapa PMC Lo?”, namun ada juga games yang tidak berkaitan, seperti tebak gambar atau lagu. Kedua sesi tersebut ditutup dengan sesi foto bersama sebagai bentuk pengabdian acara.

Hal menarik yang terjadi dalam acara PMC Graduation adalah penayangan video sebagai bukti simbolisasi lulusnya para peserta PMC. Suasana haru menyelubungi akhir dari agenda PMC, berhubung perjalanan para peserta dan pengelola yang cukup panjang kini telah usai. Haru yang dirasakan para peserta menjadi semakin hebat dengan adanya penyampaian kesan dan penampilan lagu yang sentimental dari perwakilan peserta, pemberian pesan-pesan dari BAZIS DKI Jakarta dan Ivan Ahda, serta sesi non-formal yang membuat suasana menjadi penuh nostalgia. Kenangan berharga pun diutarakan kembali oleh para peserta acara, seperti mengenang peristiwa-peristiwa unik yang terjadi selama PMC berlangsung, pertemuan perdana PMC, kelakukan-kelakuan lucu dari para peserta, dan lainnya.

Dengan berakhirnya PMC pada periode ini, maka sesi evaluasi akan mengikuti sebagai bentuk perbaikan hal-hal yang belum sempurna. Dari para penyelenggara, harapan yang mereka milik adalah para peserta PMC tidak akan melupakan sesama dan juga pengalaman yang mereka dapatkan, bisa terus menerapkan nilai CERDAS yang tertanam dan menjadi ciri khas para alumni PMC, tidak pernah puas dengan kondisi mereka sekarang dan selalu mencari berbagai cara untuk berkembang, dan selalu ingat untuk senantiasa memberikan manfaat kepada orang lain.

Share This

Share this post with your friends!