Pengembangan kapasitas atau yang biasa disebut capacity building mempunyai arti yaitu sebuah upaya yang dimaksudkan untuk mengembangkan suatu ragam strategi meningkatkan efisiensi, efektivitas dan responsivitas kinerja organisasi. Efisiensi yang dimaksud adalah efisiensi dalam hal waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai suatu outcomes. Efektivitas berupa kepantasan usaha yang dilakukan demi hasil yang diharapkan serta responsivitas yang merujuk kepada bagaimana mensinkronkan antara kebutuhan dan kemampuan untuk maksud tersebut.

Capacity building memiliki dimensi, fokus, dan tipe kegiatan. Dimensi, fokus, dan tipe yang dimaksud menurut Grindle antara lain:

  • Dimensi Pengembangan SDM: Dimensi ini memiliki fokus yaitu personil yang profesional dan kemampuan teknis serta tipe kegiatan seperti: training, praktek langsung, kondisi iklim kerja, dan rekrutmen,
  • Dimensi Penguatan Organisasi: Dimensi ini memiliki fokus antara lain: tata manajemen untuk meningkatkan keberhasilan peran dan fungsi, serta tipe kegiatan seperti: sistem insentif, perlengkapan personil, kepemimpinan, budaya organisasi, komunikasi, struktur manajerial
  • Dimensi Reformasi Kelembagaan: Dimensi ini memiliki fokus antara lain: kelembagaan dan sistem serta makro struktur, dengan tipe kegiatan: aturan main ekonomi dan politik, perubahan kebijakan dan regulasi, dan reformasi konstitusi.

Sejalan dengan itu, Grindle juga menyatakan bahwa capacity building harus difokuskan kepada dimensi pengembangan sumber daya manusia, penguatan organisasi, dan reformasi kelembagaan jika capacity building menjadi serangkaian strategi yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas dan responsivitas. Dalam konteks pengembangan sumber daya manusia, fokus utamanya yaitu rekrutmen pegawai  yang profesional dan teknis. Kegiatan yang dilakukan antara lain pendidikan dan latihan (training), pemberian gaji/upah, pengaturan kondisi dan lingkungan kerja dan sistem rekrutmen yang tepat. Selain itu, dalam penguatan organisasi, fokus utama yaitu sistem manajemen untuk memperbaiki kinerja dari fungsi-fungsi dan tugas-tugas yang ada dan pengaturan struktur mikro.

Sumber:
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-capacity-building/116685/3

Share This

Share this post with your friends!