fbpx

Community Activation: Meningkatkan Keterlibatan Karyawan dan Menciptakan Hubungan yang Lebih Baik antara Perusahaan dan Masyarakat

Mar 31, 2023 | Blog, Impact Stories

Community Activation adalah program yang dirancang untuk melibatkan masyarakat dalam kegiatan atau inisiatif yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan tujuan membangun hubungan yang lebih baik antara perusahaan dan masyarakat, serta meningkatkan dukungan dan partisipasi masyarakat terhadap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Community Activation merupakan program yang dapat mencakup berbagai kegiatan seperti program sosial, lingkungan, kesehatan, dan sebagainya. 

 

Menurut studi dari McKinsey & Company, program community activation dapat meningkatkan keterlibatan karyawan hingga 7% dan meningkatkan produktivitas hingga 20%. Tidak hanya itu, survei yang dilakukan oleh Edelman mengatakan bahwa perusahaan yang berpartisipasi dalam program community activation dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dan memperkuat citra merek. Data tersebut menunjukkan bahwa program community activation dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan dan masyarakat, seperti meningkatkan kepercayaan masyarakat, memperkuat citra perusahaan, meningkatkan keterlibatan karyawan, meningkatkan produktivitas, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat secara keseluruhan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan program community activation sebagai bagian dari strategi bisnis mereka.

 

Community activation sudah diterapkan oleh berbagai perusahaan, berikut contoh pengimplementasian dari kegiatan community activation:

  • Brimbank City Council

Kegiatan ini mengubah Pollard Gardens menjadi pop-up leisure centre yang menargetkan orang tua dan anak muda. Program ini dilakukan oleh VicHealth, sebuah NGO yang memiliki upaya untuk menyediakan tempat bagi masyarakat agar dapat aktif secara fisik dan meningkatkan interaksi sosial sesama masyarakat. VicHealth melakukan transformasi terhadap tempat-tempat yang sudah terbengkalai seperti parkiran mobil, lahan, maupun jalanan menjadi tempat-tempat yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berolahraga dan berinteraksi.

https://brimbanknorthwest.starweekly.com.au/lifestyle/rt-pollard-gardens-abuzz-with-music-and-sport/

  • Fitness Space Bronx Commons housing

Kegiatan ini dilakukan oleh Peloton, perusahaan distributor at-home gym equipment yang bekerja sama dengan WHEDco, yang merupakan organisasi pengembangan masyarakat dan LISC, sebuah NGO dalam mendirikan fitness space untuk meningkatkan active living bagi masyarakat sekitar. Perlengkapan yang digunakan berasal dari produk Peloton itu sendiri.

https://www.bxtimes.com/lisc-nyc-whedco-partnering-peloton-in-the-bronx/

  • House of Vans

Sebuah acara yang menjadi tempat berkumpulnya individu yang memiliki minat pada skateboard, seni instalasi, lokakarya, hingga musik. Acara ini diadakan secara berkala di berbagai kota di seluruh dunia, termasuk Indonesia oleh Vans. Pada tahun 2018 yang lalu, House of Vans diselenggarakan Jakarta dan dihadiri oleh lebih dari 10,000 kreator kreatif. Selanjutnya, pada tahun 2019, House of Vans kembali diadakan di Indonesia, tepatnya di Candi Prambanan, Yogyakarta.

https://web.facebook.com/TWCMEDIAA/photos/pcb.3225717450836900/3225712270837418/?type=3&theater

 

Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia, karena saat itu mereka berpuasa dan meningkatkan aktivitas ibadah mereka. Bulan ramadan juga menjadi momen penting bagi perusahaan untuk memperkenalkan Program community activation yang dapat memberikan manfaat besar bagi perusahaan maupun masyarakat. Berikut adalah beberapa ide kegiatan community activation yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan:

 

1.Mengadakan acara diskusi/publikasi tentang topik atau isu yang relevan dengan masyarakat setempat.

2.Mengadakan kegiatan olahraga dan program kesehatan untuk mendorong masyarakat menjalani gaya hidup yang sehat.

3.Membuat program pelatihan atau workshop untuk membantu masyarakat meningkatkan keterampilan mereka.

4.Mengadakan acara budaya atau seni yang dapat menarik minat masyarakat untuk mengenali kebudayaan lokal.

5.Menyediakan platform untuk masyarakat berinteraksi dan berbagi pengalaman dan ide, misalnya melalui penggunaan media sosial atau platform online lainnya.

 

Jika Anda merupakan perusahaan atau organisasi yang ingin memiliki dampak positif pada masyarakat, Maxima sebagai Impact Agency adalah jawaban yang tepat untuk Anda!

 

Kami siap membantu dalam mengembangkan program community activation yang efektif dan terukur. Kami memahami bahwa program community activation yang baik harus memberikan dampak positif kepada masyarakat dan perusahaan, oleh karena itu kami memastikan bahwa program yang kami kembangkan memiliki pengukuran dan tujuan yang jelas dan realistis. Bersama-sama, kita dapat menciptakan perubahan yang baik bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Jangan ragu untuk menghubungi kami dan mengetahui lebih lanjut mengenai jasa yang kami tawarkan. Mari bersama-sama menciptakan sesuatu yang baik untuk masyarakat!

 

Source:

https://www.onepeloton.com/blog/peloton-pledge-global-community-partners/

https://blueoceancapital.medium.com/peloton-more-than-just-an-ipad-on-a-bike-ce355d89bb25

https://www.panoptics.com/case-study/house-of-vans/

0 Comments