Select Page

Inner Child, sesuatu yang ada jauh di dalam diri Anda yang merupakan ingatan masa kecil Anda, yang terus ada hingga Anda Dewasa. Inner Child ini terus hidup dan berinteraksi dengan masa sekarang, mewakili masa lalu diri Anda pada masa sekarang dan memengaruhi bagaimana Anda bersikap. Inner Child juga merupakan sumber kekuatan dan kreativitas seseorang.

Membangun hubungan dengan Inner Child dapat menyembuhkan masalah emosional yang diakibatkan dari Anda yang tidak menerima  bagian diri Anda, bahkan pengalaman masa kecil yang traumatis. Kehidupan saat seorang sudah dewasa dapat mengancam untuk menghancurkan Inner Child, namun Anda dapat melawan ancaman tersebut dengan berdamai dan menjalin hubungan kembali dengan (sumber) masa kecil Anda yang membentuk Inner Child.

Lalu bagaimana cara berdamai dengan masa kecil kita? 

 

1# Mengenal Inner Child Anda

 

1. Hubungkan kembali dengan masa kecil Anda.

Salah satu cara untuk menghidupkan kembali hubungan dengan Inner Child Anda adalah dengan “perjalanan waktu” kembali ke masa kecil Anda. Lakukan ini dengan membuat daftar hal-hal yang membuat Anda senang saat Anda masih muda. Jelajahi kenangan indah ini dan cobalah mengingat kembali keajaiban masa kecil itu. Misalnya, olahraga, menjelajahi hutan, mewarnai, dan melakukan hal-hal menyenangkan saat Anda masih kecil, seperti makan sereal favorit Anda, dan sebagainya.

2. Kenali Inner Child Anda secara spesifik

Meskipun setiap orang memiliki masa kecil yang berbeda-beda, namun ada pola yang umum bagi kebanyakan orang. Jika hubungan dengan Inner Child Anda menyusut selama bertahun-tahun, cobalah identifikasi tahap perkembangan masa kecill Anda sekarang. Hal ini dapat membantu Anda membuat peta jalan untuk membawa Inner Child Anda kembali ke kehidupan Anda. Berikut contoh Inner Child yang sering ditemui:

  • Anak terlantar, Inner Child ini terjadi karena perceraian orang tua atau terlalu sibuk untuk memberi perhatian. Beberapa dampaknya adalah ketakutan akan ditinggalkan dan merasa kesepian atau tidak nyaman.
  • Anak yang menyenangkan, anak ini adalah aspek dewasa yang sehat. Anak yang menyenangkan ingin bersenang-senang secara spontan dan hidup bebas dari rasa bersalah atau kecemasan.
  • Anak yang ketakutan, anak ini mungkin mendapat banyak kritik saat kecil dan sering mengalami kecemasan.

3. Tulis surat untuk Inner Child Anda

Hal ini bisa menjadi permintaan maaf jika Anda merasa telah mengabaikan Inner Child dan ingin segera memperbaiki hubungan itu. Bisa juga sebagai surat sederhana yang mengekspresikan keinginan untuk bersahabat dengan Inner Child Anda. Misalnya, jika Anda takut, coba yakinkan dan tuliskanlah bawah Anda bisa menurunkan rasa takut itu.

4. Kembangkan ruang terbuka

Inner Child Anda bersifat rentan dan membutuhkan tempat yang aman sebelum dia menunjukkan dirinya. Banyak orang yang menyembunyikan dan menolak keberadaan Inner Child karena mereka berpikir itu membuat dirinya terlihat lemah. Biarkan Inner Child kamu bersinar, bersikap teguh dan lembut. Dekati Inner Child kamu, seperti mendekati binatang kecil yang kepercayaannya Anda inginkan lagi.

5. Dengarkan Hati Kamu

Salah satu hal yang penting untuk menyentuh Inner Child Anda adalah untuk memperhatikan perasaan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari Anda, seperti periksa diri Anda, tanyakan “Apa yang aku rasakan sekarang?” Coba untuk ungkapkan perasaan itu.

6. Perhatikan kritik batinmu

Perhatikan kritikus batin kamu. Tanggapi kritikus Inner Child Anda dengan mengatakan “Saya mengerti dari mana kamu berasal. Aku mengerti kamu sakit hati. Aku di sini untuk kamu”. Jangan sampai kritikus batinmu menguasai dirimu.

 

source: http://m.wikihow.com/Embrace-Your-Inner-Child?amp=1#