Article

Aspek-Aspek yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Impact Report

Di Indonesia, praktik Impact Report atau laporan dampak saat ini semakin banyak dilakukan oleh perusahaan dan organisasi, terutama dalam konteks tanggung jawab sosial dan lingkungan. Salah satu survei yang dilakukan oleh Global Reporting Initiative (GRI) pada tahun 2020 menunjukkan bahwa terdapat 71 perusahaan di Indonesia yang menerbitkan laporan keberlanjutan. Selain itu, survei yang dilakukan oleh PwC Indonesia pada tahun 2020 juga menunjukkan bahwa 68% perusahaan di Indonesia sudah melakukan pelaporan keberlanjutan.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya pelaporan dampak atau impact report untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas mereka terhadap pemangku kepentingan. Namun, masih diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pelaporan keberlanjutan dan meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan terkait dengan dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan perusahaan.

Impact Report atau laporan dampak adalah alat penting untuk menilai dan memahami dampak dari suatu proyek atau program pada lingkungan dan masyarakat. Namun, untuk memastikan bahwa laporan tersebut memiliki informasi yang akurat dan bermanfaat, perusahaan harus memperhatikan beberapa aspek penting. 

Berikut adalah beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan dampak:

1.Metodologi

Metodologi yang digunakan dalam membuat laporan dampak harus akurat dan transparan. Ini harus mencakup informasi tentang cara mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengevaluasi dampak.

2.Data

Data yang digunakan dalam laporan dampak harus akurat dan terverifikasi. Ini harus mencakup informasi tentang lingkungan, sosial, dan ekonomi yang terkait dengan proyek atau program.

3.Lingkup

Lingkup laporan dampak harus jelas dan memiliki dampak yang dapat diterima. Ini harus mencakup informasi tentang populasi yang terdampak, area geografis, dan jangka waktu.

4.Dampak

Dampak yang dicakup dalam laporan dampak harus jelas dan memiliki dampak yang dapat diterima. Ini harus mencakup informasi tentang dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi dari proyek atau program.

5.Rencana tindak lanjut

Laporan dampak harus mencakup rencana tindak lanjut yang memastikan bahwa proyek atau program memiliki dampak positif dan bertanggung jawab. Ini harus mencakup informasi tentang bagaimana perusahaan akan memastikan bahwa dampak tersebut dapat diterima dan diatasi.

6.Keterbukaan

Laporan dampak harus transparan dan mudah dipahami oleh masyarakat. Ini harus mencakup informasi tentang bagaimana perusahaan akan memastikan bahwa laporan tersebut tersedia bagi masyarakat.

Laporan dampak adalah alat penting untuk menilai dan memahami dampak dari suatu proyek atau program pada lingkungan dan masyarakat. Untuk memastikan bahwa laporan tersebut memiliki informasi yang akurat dan bermanfaat, perusahaan harus memperhatikan beberapa aspek penting, seperti metodologi, data, lingkup, dampak, rencana tindak lanjut, dan keterbukaan.

Maxima Indonesia adalah sebuah Impact Agency yang berkomitmen untuk mengembangkan program-program berdampak bagi para pemimpin, organisasi, dan masyarakat guna mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Maxima Indonesia untuk mewujudkan visi tersebut adalah dengan menyelenggarakan Impact Fest 2023 yang bertujuan untuk menunjukkan bagaimana kolaborasi dapat menghasilkan perubahan positif dan menghargai mereka yang telah memberikan dampak. Di dalam kegiatan Impact Fest ini, terdapat Impact Report Session yang akan dipandu oleh Salman Noersiwan sebagai Sustainability Report Expert. 

Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk belajar lebih lanjut tentang pentingnya Impact Report dan bagaimana kamu dapat meningkatkan dampak positif!

Meet Us

Visit Us

If you’d like more information about any of our work, we’d love to hear from you.

Visit Us
Lorem Ipsum is simply dumy text of the printing typesetting industry lorem ipsum.

Contact Us

Visit our office in Jakarta Selatan to learn about our work and approach to solve social and environmental challenges.

Contact Us
Lorem Ipsum is simply dumy text of the printing typesetting industry lorem ipsum.

Project

Insight & Report