Dewasa ini peningkatan terhadap pembangunan sosial terencana untuk mempromosikan kesejahteraan yang disertai dengan proses perkembangan ekonomi sedang menjadi fokus utama. Salah satu cara untuk mengupayakan terciptanya pembangunan sosial, terdapat beberapa kontribusi dari perusahaan terhadap hal ini melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau biasa dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR). Simak arti CSR, manfaat, jenis, dan contohnya.

Arti CSR

CSR adalah singkatan dari Corporate Social Responsibility atau tanggungjawab sosial perusahaan. Tanggungjawab sosial yang dilakukan oleh Perusahaan bisa berdampak bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Menurut Kotler & Lee (2012), Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagian sumber daya perusahaan. 

Di Indonesia, terdapat undang-undang yang mengatur hal ini yakni UU No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas Pasal 1 Ayat 1 yang mana berbunyi tanggung jawab sosial dan lingkungan merupakan komitmen perseroan untuk berperan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat baik bagi persero, komunitas setempat maupun masyarakat umum.

Terdapat beberapa prinsip-prinsip dasar ketika sebuah perusahaan melaksanakan kegiatan CSR yaitu Sustainability, Transparency, dan Accountability. Sustainability (Crowther & Aras, 2008)

Manfaat dari CSR

Ketika perusahaan menjalankan program CSR, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan baik bagi perusahaan maupun bagi masyarakat sekitar. Manfaat yang paling terlihat adalah memberikan citra positif bagi perusahaan yang melakukan tanggungjawab sosial di mata masyarakat.

Manfaat CSR Bagi Perusahaan

Selanjutnya, sebagai bentuk timbal balik dari kegiatan CSR yang dijalani, berikut terdapat beberapa manfaat dari kegiatan CSR sebagai bentuk tanggung jawab kepada berbagai pihak yang terlibat bagi perusahaan. Bagi perusahaan, CSR memberikan banyak manfaat, di antaranya:

  1. Meningkatkan citra atau image perusahaan di mata masyarakat dan publik.
  2. Adanya potensi untuk mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
  3. Dapat membedakan perusahaan tersebut dengan para kompetitor.
  4. Memperkuat brand perusahaan di mata masyarakat dan publik.

Manfaat CSR Bagi Masyarakat

Tidak hanya bermanfaat bagi pihak perusahaan, kegiatan CSR juga bermanfaat bagi masyarakat dalam bentuk: 

  1. Meningkatnya kapasitas sumber daya manusia masyarakat.
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.
  3. Meningkatkan kelestarian baik lingkungan hidup atau fisik maupun sosial dan budaya di sekitar perusahaan.
  4. Terbangun serta terpeliharanya fasilitas umum dan fasilitas masyarakat yang sifatnya sosial yang berguna untuk masyarakat khususnya yang berada di sekitar perusahaan tersebut.

Jenis-jenis CSR

Setelah mengetahui tentang arti CSR dan manfaatnya bagi perusahaan dan masyarakat. Berikut ini adalah jenis-jenis CSR:

    • Program Lingkungan: Program lingkungan kerja adalah jenis CSR yang bisa diimplementasikan kegiatan yang bersifat perbaikan atau pemeliharaan lingkungan sekitar yang dampaknya pun ke lingkungan sekitar.
    • Praktek Kerja: Benyak perusahaan-perusahaan yang melakukan praktek kerja bagi siswa/mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja di perusahaannya. Serta mendapatkan perlakukan yang adil.
    • Filantropi: Filantropi merupakan program yang berisi tentang kegiatan yang fokusnya ke kualitas hidup. Maka dari itu, jenis CSR ini biasanya mengarah kepada kegiatan-kegiatan yang menolog banyak orang untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Contohnya menciptakan kampung wirausaha, dimana kampung tersebut diedukasi untuk memiliki wirausaha dan bisa mengembangkannya untuk kualitas hidup yang lebih baik.
    • Sukarelawan: Dalam kegiatan sukarelawan ini, Perusahaan membuat program CSR dalam bentuk apapun, lalu para karyawan diminta partisipasinya secara sukarela.

Contoh CSR

Sebagai contoh penerapan kegiatan CSR, kita dapat mempelajarinya dari program pelaksanaan CSR yang dilakukan oleh Danone yang disebut WASH (Water Access, Sanitation, Hygiene Program). Program ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat beserta lingkungannya.

Selain itu terdapat juga suatu program yang dikenal dengan ‘1 Liter Aqua untuk 10 Liter Air Bersih’. Program ini melibatkan kontribusi aktif dan berkelanjutan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang berhubungan dengan penyediaan air bersih di Indonesia. Program ini terbukti mampu digunakan sebagai cara membantu masyarakat di beberapa daerah yang kekurangan air bersih atau mengalami kekeringan panjang. 

Dalam menjalani kegiatan CSR, terdapat beberapa perusahaan yang masih memiliki hambatan dalam menjalankan kegiatan tersebut. Maka dari itu, terdapat beberapa lembaga yang menyediakan jasa layanan konsultan CSR yang dapat digunakan perusahaan dalam membantu pengelolaan CSR, salah satunya seperti Maxima Indonesia dan Dampak Sosial Indonesia.

Hubungi Kami

Konsultan CSR nantinya dapat membantu sebuah perusahaan untuk melakukan kegiatan CSR perusahaan dari proses ‘end-to-end’, maka dari itu perlu untuk memastikan bahwa konsultan tersebut dapat memberikan konsultasi sebuah layanan kegiatan CSR yang berdampak dan berkelanjutan bagi kehidupan sekitar.

Source:

  • Crowther, D., & Aras, G. (2008). Corporate Social Responsibility. Ventus Publishing.
  • Kothler, P., & Lee, N. (2021). Corporate Social Responsibility : Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. New Jersey: John Wiley & Sons.
  • UU No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas Pasal 1 Ayat 1
  • https://thegorbalsla.com/csr-perusahaan/

Share This

Share this post with your friends!