7 Langkah dalam Cara Mengambil Keputusan

Pengambilan keputusan adalah proses membuat pilihan dengan mengidentifikasi keputusan, mengumpulkan informasi, dan menilai resolusi alternatif. Menggunakan proses atau cara mengambil keputusan langkah demi langkah dapat membantu Kamu membuat keputusan yang lebih terukur dan bijaksana dengan mengatur informasi yang relevan dan menentukan alternatif. Pendekatan ini meningkatkan kemungkinan kamu untuk memilih alternatif yang paling memuaskan. Berikut ini adalah 7 langkah cara mengambil keputusan dan case study-nya.

Kasus ini mengenai seorang mahasiswa yang langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah namun harus memilih di mana dia akan bekerja, apakah di kota Jakarta yang mempunyai banyak saingan atau di kota lain yang tidak terlalu kompetitif seperti Jakarta.

Langkah 1: Identifikasi Keputusan

Cara mengambil keputusan

Dalam langkah ini, mahasiswa tersebut harus mengenali permasalahan yang dia hadapi sekarang dan juga secara sadar memutuskan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kamu harus secara sadar dalam mengenali permasalahan ini dan penyelesaian-nya karena hal ini akan berpengaruh pada masa depan-mu.

 

Langkah 2: Kumpulkan Informasi yang Relevan

Cara mengambil keputusan

Sebelum mahasiswa tersebut mengambil suatu keputusan, sangat disarankan untuk mahasiswa tersebut mengumpulkan beberapa informasi yang berhubungan dengan masalah yang dia hadapi sekarang, contoh informasi yang dapat di ambil adalah:

  • Informasi apa yang dibutuhkan (mencari tahu tentang kota tersebut dari kelebihan dan keuntungan-nya)
  • Sumber informasi terbaik (mahasiswa ini dapat bertanya ke temannya di kota tersebut atau menanyakan kepada HRD tempat ia akan bekerja nanti)
  • Cara mendapatkannya (Bagaimana mahasiswa ini mendapatkan informasi tersebut, apakah dengan bertanya langsung, mencari di internet atau membaca sebuah artikel)

Dalam mengumpulkan informasi – informasi ini, ada baiknya bahwa kamu membuat daftar pertanyaan tentang apa yang ingin kamu ketahui agar kamu dapat mencari data – data yang relevan dan kamu dapat mengambil keputusan secara efektif dan efisien.

 

Langkah 3: Identifikasi Alternatifnya

Alternative

Karena mahasiswa ini sudah mengerti atau sadar bahwa dia harus mengambil keputusan dan mahasiswa tersebut sudah melakukan research atau mencari informasi untuk mendukung keputusannya tersebut, ada kemungkinan bahwa mahasiswa tersebut akan menemukan alternatif pilihan lain.

Mahasiswa ini dapat memilih bekerja di Jakarta saja, bekerja di luar kota seperti Bandung, Yogyakarta atau Surabaya atau mungkin mempertimbangkan bekerja di luar negeri.

 

Langkah 4: Pertimbangkan Bukti-nya

Pros and Cons

Setelah mahasiswa itu melewati langkah dari pertama sampai langkah ke tiga, di langkah ke empat ini mahasiswa tersebut dapat membuat suatu tabel mengenai kelebihan dan kekurangan dari setiap alternatif yang telah muncul. Dan mahasiswa tersebut bisa membayangkan apakah alternatif yang ia buat akan membantunya dalam mencapai tujuannya. Di tahap ini akan terlihat alternatif yang lebih unggul daripada alternatif lain-nya.

 

Langkah 5: Pilih di antara Alternatif

Choose the alternative

Dalam langkah ini, mahasiswa tersebut sudah harus menentukan keputusan berdasarkan research yang dia telah buat dan juga berdasarkan dengan kelebihan dan kekurangan dari keputusan tersebut.

Dan akhirnya mahasiswa tersebut memilih untuk bekerja di luar kota terlebih dahulu dengan pertimbangan bahwa dia ingin suasana baru, dia ingin belajar budaya baru di luar kota dan dia ingin belajar mandiri dengan cara merantau. Dia yakin bahwa pilihan ini akan membuat-nya mempunyai pengalaman yang lebih banyak daripada dia hanya bekerja di Kota Jakarta.

 

Langkah 6: Ambil Tindakan

Bertindak

Setelah mahasiswa tersebut memilih untuk bekerja di luar kota. Dia harus segera mengambil tindakan seperti memberitahu ke perusahaan-nya bahwa ia mengambil pekerjaan tersebut. Lalu memberitahu orang tua-nya mengenai keputusanmu dan menjelaskan alasan mengenai keputusan tersebut.

Di tahap ini mahasiswa ini sudah mengetahui langkah Рlangkah kecil di keputusan ini seperti membeli tiket pesawat, menyewa tempat tinggal di kota tujuan dan packing pakaian Рpakaian mahasiswa tersebut untuk di kota tujuannya.

 

Langkah 7: Tinjau keputusan Kamu & konsekuensinya

Pada langkah terakhir ini, mahasiswa tersebut sudah berada di kota tujuan-nya dan sudah bekerja di perusahaan baru-nya. Di tahap ini mahasiswa tersebut bisa meninjau keputusan yang telah ia buat. Apakah semua berjalan sesuai dengan yang ia bayangkan sebelum-nya, apakah keputusan yang ia buat sudah membuat-nya puas.

Apabila mahasiswa tersebut sudah merasa keputusan-nya tepat maka ini semua sudah sesuai dengan yang ia pertimbangkan sebelum-nya. Apabila belum, mahasiswa tersebut tentu saja dapat mencari cara lain atau alternatif lain agar ia dapat mencapai tujuan-nya.

 

Begitulah cara mahasiswa ini mengambil keputusan-nya. Kamu pun dapat menerapkan langkah – langkah ini dalam setiap mengambil suatu keputusan baik untuk pekerjaan atau untuk kehidupan pribadi mu. Karena sebagai manusia rata – rata kita mengambil 22.000 – 32.000 keputusan per hari-nya jadi dengan langkah ini diharapkan kamu dapat mengambil keputusan tersebut secara terukur dan bertanggung jawab.

Selamat mencoba!

Share This

Share this post with your friends!