Select Page

Berhasilnya suatu perusahaan tak luput dari turut andilnya karyawan dalam memajukan segala aktivitas usaha. Karyawan merupakan aset penting bagi perusahaan yang harus dilindungi dan hargai, bukan hanya elemen yang terus dipaksa bekerja. Perusahaan yang berkembang membutuhkan karyawan yang berkembang juga.

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan potensi karyawan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap karyawan agar dapat menimbulkan suasana kerna yang nyaman tanpa ada tekanan.

Dikutip dari smallbusiness.chron.com, terdapat 6 cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk membuat para karyawan nyaman dan bahagia bekerja di kantor :

 

  1. Tempat Kerja Profesional

Menjaga lingkungan kerja yang bersih dan profesional bagi karyawan untuk menjalankan bisnis sehari-hari. Karyawan cenderung lebih produktif dalam lingkungan yang terorganisir. Pastikan karyawan memiliki area parkir dan ruang istirahat yang cukup dengan penerangan yang baik, serta area merokok di luar ruangan, jika perlu.

  1. Komunikasi Terbuka

Pertahankan kebijakan pintu terbuka, dorong karyawan untuk mendekati manajer mereka untuk mendiskusikan masalah atau konflik. Instruksikan manajer pada gilirannya untuk berhubungan dengan karyawan secara teratur untuk memberikan dorongan dan kritik yang membangun dan untuk memperbaiki perilaku tidak profesional.

  1. Rekognisi

Atur acara rekognisi karyawan, seperti penghargaan karyawan bulan ini atau upacara penghargaan tahunan yang lebih diperluas, untuk mengenali karyawan yang berprestasi dan memberi lebih dari yang diperlukan untuk tugas pekerjaan sehari-hari. Seorang karyawan lebih cenderung bangga dengan pekerjaannya dan merasa dihargai oleh perusahaan ketika pencapaian individu diakui dan dirayakan oleh manajer.

  1. Benefit

Jadikan benefit karyawan sebagai kunci retensi karyawan. Perusahaan dapat menunjukkan bahwa mereka menghargai karyawan dengan memberikan cuti berbayar serta kebutuhan seperti asuransi kesehatan dan perawatan gigi.

  1. Rekreasi

Berikan kesempatan seperti pesta liburan dan piknik perusahaan sepanjang tahun bagi karyawan untuk bersantai dan menjalin ikatan dengan rekan kerja di luar lingkungan kantor. Mendorong karyawan untuk membawa pasangan dan anak-anak mereka ke pertemuan sebagai tanda bahwa perusahaan menghargai hubungan keluarga karyawan mereka

  1. Peluang Kemajuan

Promosikan dari dalam perusahaan bila memungkinkan untuk mendorong kerja keras dan loyalitas perusahaan dari karyawan. Seorang karyawan lebih cenderung memberikan yang terbaik ketika peluang kemajuan ada dan dia dapat melihat masa depan yang cerah bersama perusahaan. Berikan kesempatan kepada karyawan untuk memperluas pengetahuan mereka dan mengikuti perkembangan teknologi terkini dengan membayar seminar dan kursus pendidikan serta menyediakan manual pelatihan yang diperbarui.

Maxima Indonesia sebagai sektor publik berpengalaman, selalu berupaya membantu mitranya dalam mencari solusi terbaik untuk kesejahteraan usahanya. Melalui program yang diselenggarakan, diharapkan mampu meningkatkan produktivitas perusahaan dengan mengoptimalkan semangat para pekerja.

 

Source :

https://m.detik.com/news/berita/d-4784977/7-keutamaan-menyayangi-anak-yatim-dalam-islam [Diakses pada 30 Agustus 2020]

https://smallbusiness.chron.com/care-employees-47184.html [Diakses pada 1 September 2020]

Share This

Share this post with your friends!