Select Page

Organisasi sektor publik merupakan organisasi yang ada dalam suatu negara dan memiliki tanggung jawab dalam menyediakan barang atau jasa serta pelayanan publik secara penuh. Hal ini karena sumber dana yang digunakan oleh sektor publik dalam memberikan pelayanan berasal dari masyarakat ( dana publik ). Selain itu, organisasi sektor publik juga memiliki tanggung jawab atas pengelolaan dana kepada otoritas yang lebih tinggi.

Dalam memberikan pelayanan kepada publik atau masyarakat, karyawan di organisasi sektor publik harus memiliki empati sehingga kualitas pelayanan yang dapat terjaga dan meningkat serta puas terhadap kinerja organisasi sektor publik. Hal ini karena empati sebagai hal dasar yang penting dalam memahami pemahaman orang lain. Maibom (2014) dalam Khusna K. (2017) berpendapat bahwa empati menunjukkan emosi tanggapan seseorang terhadap apa yang orang lain rasakan seperti marah atau sayang.

4 Tips Meningkatan Empati

Marcia Reynolds, Psy.D menyebutkan bahwa terdapat 4 tips untuk meningkatkan empati. 4 tips ini bisa diimplementasikan sehingga hubungan yang dibangun dengan masyarakat yang sehat dan terjaga dan mampu mengembangkan keterampilan sosial, salah satunya mempersembahkan pelayanan dan peningkatan kemampuan kepemimpinan. Adapun 4 tips tersebut sebagai berikut:

  1. Diam, baik dari luar maupun dari dalam. Maksud dari diam di sini yaitu menenangkan pikiran dan perasaan sehingga mencapai kebijaksanaan emosional. Hal ini dapat dilatih dengan melakukan praktik meditasi. Ketika karyawan organisasi sektor publik memiliki waktu senggang sekian menit, karyawan tersebut dapat menghentikan aktivitas sejenak dan memusatkan perhatian kepada pernapasan. Pada proses meditasi, diperlukan sikap mindfulness dan mengosongkan pikiran. Cukup dengan 5 menit, karyawan organisasi sektor publik berlatih untuk menenangkan pikiran agar memberikan pelayanan kepada masyarakat, seperti salah satunya mendengar keluhan dari masyarakat dapat dilakukan dengan tenang tanpa melampiaskan emosi yang tidak baik.

 

  1. Memerhatikan dan mendengarkan dengan sepenuhnya. Hal ini penting dilakukan untuk menstimulus empati terhadap orang lain sehingga karyawan organisasi sektor publik dapat merasakan apa yang dirasakan masyarakat dan berusaha memposisikan diri sesuai dengan karakter masyarakat. Tindakan memerhatikan dan mendengarkan dengan sepenuhnya guna meningkatkan empati dapat dilatih dengan berkomitmen misalnya meluangkan waktu 30 menit dalam sehari untuk bertemu orang-orang atau menonton film yang menceritakan kisah penuh drama atau humor.

 

  1. Menanyakan pada diri mengenai apa yang dirasakan. Dalam kehidupan ada banyak emosi yang dirasakan oleh manusia, maka mempraktikkan “kesadaran emosi” diperlukan untuk membantu karyawan organisasi sektor publik berempati dengan orang lain. Adanya kesadaran emosi akan mengajak otak untuk mengakses dan memberi label atau respon pada reaksi emosional. Hal ini dapat dilatih dengan mencatat emosi yang dirasakan dalam dua hari atau tiga hari, kemudian mengidentifikasi alasan dan reaksi dari emosi pada tubuh dan sebagainya. Misalnya, saat merasakan rasa marah, terdapat reaksi emosi marah di bagian perut, rahang atau kepalan tangan. Semakin cepat mengidentifikasi emosi dan perubahannya terhadap berbagai situasi akan memudahkan mengenali emosi sehingga mampu mengelolanya dengan baik.

 

  1. Menguji insting. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi emosi yang dirasakan orang lain sehingga karyawan organisasi sektor publik dapat merespon sesuai dengan situasi masyarakat dan memberikan saran mengenai tindakan yang perlu dilakukan dengan tepat oleh masyarakat atau lainnya. Menguji insting dapat dilatih dengan banyak melakukan komunikasi kepada orang lain, termasuk salah satunya dengan memberitahu perihal emosi yang dirasakan oleh diri, kemudian tanyakan kepada orang lain mengenai pemicu emosi yang diri rasakan. Dalam proses latihan itu akan menimbulkan banyak respon mengenai emosi dan hal ini dapat menjadi sarana untuk membantu karyawan sektor publik dan orang lain untuk mengidentifikasi serta mem-fiksasi tindakan yang akan diberikan.

 

4 tips meningkatkan empati ini dapat meningkatkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan hal ini juga sangat berguna bagi kehidupan bersosial. Karyawan organisasi sektor publik merupakan karyawan yang hebat dan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Dengan adanya 4 kiat ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sosial dengan mengasah empati.

Memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat memerlukan sarana khusus kepada karyawan organisasi sektor publik untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki, termasuk salah satunya dalam bidang komunikasi. Penyediaan sarana tersebut dapat dilakukan melalui kolaborasi dengan konsultan sektor publik.

Maxima Indonesia merupakan salah satu konsultan sektor publik di Indonesia yang akan membantu berbagai sektor organisasi publik dalam mengidentifikasi kemampuan mana yang akan ditingkatkan oleh organisasi karyawan sektor publik sehingga kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat meningkat. Hal ini selaras dengan fokus Maxima Indonesia yaitu transformasi sumber daya manusia (SDM) untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

 

Sumber:

Khusna K. 2017. Pengembangan Dimensi Empati sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Gubeng Surabaya. Surabaya (ID): Universitas Teknologi Surabaya.

Marcia Reynolds Psy.D dalam psychologytoday.com. 2011. Tingkatkan Empati Anda: Empat Tip untuk Meningkatkan Kemampuan Anda Membaca Pikiran Orang Lain. https://www.psychologytoday.com/us/blog/wander-woman/201111/give-your-empathy-boost [Diunduh pada 25 September 2020]

https://unsplash.com/photos/bo3SHP58C3g

Share This

Share this post with your friends!