Select Page

Sekilas Tentang Wirausaha

Ada banyak profesi yang dibutuhkan untuk memajukan perekonomian, baik dari segi individu maupun negara. Wirausaha atau biasa disebut dengan wirausaha, merupakan salah satu profesi yang diyakini mampu meningkatkan stabilitas ekonomi sebuah negara. Hal ini dikarenakan, wirausaha memiliki kemampuan untuk menciptakan berbagai ide yang menjadi peluang ekonomi, baik ide yang berskala kecil maupun skala besar.

Kehadiran wirausaha menjadi sangat penting di banyaak negara, salah satunya Indonesia, dikarenakan dengan adanya wirausaha, jumlah lapangan pekerjaan di Indonesia meningkat, jenis lapangan pekerjaan semakin beragam, mengurangi tingkat pengangguran dan penyakit sosial di masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan secara ekonomi dan taraf ekonomi suatu wilayah.

Seorang wirausaha handal asal Indonesia, Ciputra, berpendapat bahwa tidak semua orang yang memiliki usaha sendiri dapat disebut sebagai wirausaha. Seorang wirausaha sudah pasti seorang pengusaha, sementara seorang pengusaha belum tentu disebut seorang wirausaha. Namun, kemampuan apa saja yang dimiliki seorang wirausaha?

 

4 Kemampuan yang Harus Dimiliki dalam Menjadi Seorang Wirausaha

Menurut  Troy Henikoff, seorang pengusaha dan dosen di Kellog School of Management, nyatanya, selain belajar terdapat kemampuan yang dimiliki sejak lahir. Hal ini dikarenakan, ada tipe kepribadian tertentu yang cocok menjadi wirausaha  dan ini tidak dapat diajarkan. Berdasarkan pengalaman bertahun-tahun Troy Hennikof dalam mengajar dan bekerja di Techstars, setidaknya ada 3 dari 4 kemampuan yang dimiliki oleh wirausaha hebat dan sukses. Adapun 4 kemampuan tersebut di antaranya:

  • DNA/Sifat Bawaan

Ketika seseorang lahir ke dunia, terdapat beberapa sifat bawaan yang akan mendukungnya menjadi wirausaha yang sukses. Misalnya, sifat nyaman dengan ketidakpastian yang terjadi, optimisme yang tidak terkalahkan meski diterjang dengan berbagai masalah yang membuat putus asa dan sifat lannya. Sifat-sifat bawaan dari lahir ini akan memengaruhi pengambilan keputusan dan tindakan. Tentunya, kemampuan dalam mengelola kesulitan yang dihadapi, mestilah dimiliki oleh seorang wirausaha.

  • Kecerdasan

Kemampuan kecerdasan merupakan kemampuan yang bisa dikembangkan. Adanya kemampuan ini dapat membantu untuk mempelajari dasar-dasar menjalankan sebuah bisnis, laporan keuangan dasar seperti laporan penghasilan, neraca dan laporan arus kas. Selain itu, mekanisme industri yang sesuai dengan bisnis yang diinginkan sangat penting untuk dipelajari. Bebagai materi mengenai bisnis, dapat dipelajari melalui buku, kelas online dan lain-lain.

  • Berjejaring dengan Mentor

Mengembangkan sebuah bisnis, tentu tidak hanya dipelajari dari buku, kelas online dan lainnyaa, tetapi juga dapat dipelajari dari orang lain. Banyak pengalaman pengembangan bisnis yang hanya bisa didapatkan dari orang lain. Maka, dalam hal ini, diperlukan mentor yang berpengalaman sehingga dapat membantu dalam penguraian masalah tertentu dan memberikan cara bagaimana menyikapinya.

  • Memperbanyak Latihan

Kemampuan lain yang sebaiknya dikuasai ialah memperbanyak latihan. Mempelajari banyak hal mengenai bisnis, akan berakhir sia-sia apabila tidak dibersamai dengan latihan. Seseorang akan menjadi baik di lingungan yang penuh tekanan dengan adanya latihan. Selain itu, seseorang menjadi mampu dalam bernegoisasi, memecahkan masalah serta memahami target pasar, pelanggan ataupun partner.

 

Berdasarkan dari berbagai kemampuan yang dijelaskan, dapat diketahui bahwa terdapat kemampuan lain yang dapat dikembangkan, selain kemampuan bawaan sepeti DNA. Kemampuan tersebut yaitu kecerdasan, berjejaring dengan mentor dan memperbanyak latihan. Untuk memilki tiga kemampuan itu diperlukan semangat, motivasi dan konsistensi. Hal ini dikarenakan, kemampuan yang lebih baik tidaklah didapatkan secara instan, melainkan melalui perjuangan panjang.

Dalam upaya menjadi seorang wirausaha, diperlukan juga wadah untuk memantik kemampuan kecerdasan, jaringan dan latihan. Wadah tersebut bisa berupa pelatihan, seminar dan sebagainya. Tentu, menjadi seorang wirausaha berpotensi untuk meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia. Maka dari itu Maxima Indonesia berupaya untuk menyediakan ruang belajar, guna meningkatkan kemampuan wirausaha. Adapun kegiatan yang telah dikelola oleh Maxima Indonesia untuk membantu wirausaha di Indonesia yaitu Moslem Entrpreneur in The Digital Era, Entrpreneur Boot Camp, Entrepeneur Sharing Session, Seminar Entrpreneurship dan lain-lain.

 

Source:

Troy Henikoff dalam website medium Laura Norman. 2017. Are Wirausahas Born or Made?. https://medium.com/grow-for-growing-companies/are-wirausahas-born-or-made-6a8f1a3a5560  [Diunduh pada 30 Juli 2020]

Read By Terra. 2016. Pentingnya Entreprenurship. https://medium.com/@TERRAITB/pentingnya-wirausahaship-706519047a9e#:~:text=Jiwa%20wirausahaship%20ini%20sangat%20penting,antara%20jobseeker%20dengan%20lapangan%20pekerjaan.&text=Dengan%20memulai%20wirausahaship%2C%20maka%20akan%20menambah%20jumlah%20lapangan%20pekerjaan. [Diunduh pada 30 Juli 2020]

Ciputra dalam Harefa, Andrias, dkk. 2017. The Cciputra’s Way: Praktik Terbaik Menjadi Wirausaha Sejati. Jakarta (ID): Gramedia

Rumahawan.com. 2016. Pentingnya Wirausahaship di Indonesia. https://www.rumahawan.com/pentingnya-wirausahaship-di-Indonesia/ [Diunduh pada 30 Juli 2020]