Select Page

4 Cara Menciptakan Suasana Kerja Nyaman Bagi Pegawai

Memiliki profesi dan penghasilan dari jerih payah sendiri merupakan suatu kebanggaan bagi setiap orang, karenanya banyak orang mengambil pendidikan setinggi mungkin untuk meraihnya. Pada umumnya, orang memilih berprofesi sebagai karyawan atau pegawai, karena dianggap sebagai pekerjaan yang ideal dan strategis.

Namun, bagaimana bila status pekerjaan tersebut malah membuat tidak nyaman sehingga timbul niat untuk meninggalkan perusahaan yang dengan susah payah didapat? Berbagai faktor dapat memicu terjadinya perasaan tidak nyaman berada di tempat kerja, baik faktor internal maupun internal. Perasaan tidak nyaman di tempat kerja juga terkadang tak hanya dapat memengaruhi kinerja seseorang, tapi juga performa perusahaan.

Antara perusahaan dan karyawan terdapat simbiosis mutualisme, yaitu hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain. Demi menjaga kestabilan perusahaan, perusahaan juga seharusnya memerhatikan kenyamanan setiap pekerjanya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir ketidaknyamanan para pegawai:

 

  1. Buat Suasana Menyenangkan

Bicara soal membuat suasana kerja menyenangkan memang gampang. Tapi, melaksanakannya tak semudah yang dibayangkan. Anda harus membuat pegawai merasa nyaman di kantor dengan membuat setiap tugas terasa menarik. Misalnya mengajak pegawai untuk memecahkan masalah perusahaan bersama.

Selain itu, Anda juga bisa membuat acara menyenangkan yang membuat karyawan bisa bersosialisasi dan membangun hubungan di antara sesama rekan kerja. Kalau bisa, kegiatan ini bisa membuat pegawai merasa lebih dekat dengan bos sehingga dia tidak ragu mengungkapkan masalah pekerjaan pada atasan. Anda bisa mengatur acara biasa dan tidak mahal seperti makan malam bersama di restoran yang sederhana. Namun, kegiatan tersebut bisa merasakan dampak positif yang besar untuk hubungan perusahaan dan pegawai. Pada akhirnya atmosfer tempat kerja lebih menyenangkan dan membawa energi positif untuk Anda dan staf.

 

  1. Berikan Kesempatan Belajar untuk Pegawai

Anda bisa memberikan kesempatan belajar untuk pegawai sehingga dia bisa mengembangkan kemampuan dan menambah keterampilan. Kesempatan belajar bisa membangun kembali hubungan antara perusahaan dan karyawan telah renggang. Anda bisa mengajak pegawai untuk membaca buku bersama, mengizinkan karyawan untuk menghadiri acara profesional perusahaan hingga memberikan tanggung jawab proyek besar. Hal ini akan mencegah karyawan merasa mereka terjebak dalam rutinitas pekerjaan.

 

  1. Gunakan Kesempatan Ini untuk Melakukan Perubahan

Ketika mendapati pegawai merasa tidak nyaman dalam bekerja, maka manajer harus mencari tahu masalah inti yang sedang terjadi di perusahaan. Bisa jadi problem utamanya adalah soal kebijakan perusahaan yang kurang memuaskan. Atau mungkin juga budaya kerja yang tidak menyenangkan bagi karyawan. Anda dapat berkomunikasi dengan anak buah supaya bisa mendapat masukan untuk mengatasi masalah.

 

  1. Gunakan Jasa Konsultan

Pegawai adalah salah satu aset berharga perusahaan. Pengusaha telah menginvestasikan banyak uang dan waktu untuk mendapat tenaga kerja terbaik. Jika berhasil menahan karyawan agar tidak meninggalkan perusahaan, maka Anda juga bisa mengundang bakat baru. Sebab, kandidat pegawai datang untuk menawarkan tenaga, sementara Anda juga bisa menawarkan suasana kerja yang menyenangkan. Melalui jasa konsultan Corporate Social Responsibility atau CSR, perusahaan dapat terbantu dengan program-program atau seminar yang relate sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Berangkat dari berbagai permasalahan yang dikeluhkan para pegawainya, perusahaan perlu berupaya untuk menanganinya agar timbul rasa saling bertanggung jawab satu sama lain. Bersama Maxima Indonesia sebagai konsultan CSR yang fokus dalam menangani beragam problematika sosial perusahaan, akan membantu merancang dan mengolah program-program yang dapat memaksimalkan kinerja karyawan perusahaan. Dengan harapan, semangat serta etos kerja yang tinggi dapat kembali terbangun.

 

 

Source:

https://www.qerja.com/journal/view/3058-bagaimana-memperbaiki-hubungan-pegawai-dan-perusahaan/ [Diakses pada 4 Agustus 2020]

Share This

Share this post with your friends!