Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau yang biasa kita kenali dengan CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan salah satu konsep utama yang melengkapi sebuah perusahaan. Perusahaan diharapkan dapat memberikan social impact kepada masyarakat sekitar ke dalam berbagai bentuk sehingga pelaksanaan kegiatan CSR perlu dipersiapkan dengan baik. Terdapat banyak jenis dari program CSR yang dilakukan oleh setiap perusahaan, hal ini dapat disesuaikan dengan visi dan misi perusahaan tersebut. Artikel ini akan memaparkan beberapa ide mengenai kegiatan pelaksanaan CSR di perusahaan, yuk mari kita simak.

  • Beasiswa Pendidikan

Ide CSR yang dapat dilakukan sebuah perusahaan adalah pemberian beasiswa pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu permasalahan besar di dunia yang perlu untuk mendapatkan perhatian lebih. Salah satu contoh pemberian beasiswa pendidikan yaitu Program Beasiswa Mahasiswa Cerdas. Program ini merupakan program edukasi dari BAZIS Provinsi DKI Jakarta yang memberikan beasiswa kepada 50 mahasiswa berasal dari DKI Jakarta yang berprestasi dan mengalami kesulitan finansial. Program edukasi dari BAZIS Provinsi DKI Jakarta memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari keluarga yang mengalami kesulitan finansial untuk belajar di Universitas. Maxima Indonesia menjadi mitra dari BAZIS DKI Jakarta dalam menjalani Program Beasiswa Mahasiswa Cerdas.

  • Pelatihan Capacity Building¬†

Pelatihan capacity building dapat menjadi ide baru bagi para perusahaan dalam melaksanakan kegiatan CSR-nya. Salah satu contoh dari penerapannya yakni program Guruku Permataku. Program ini merupakan sebuah program edukasi komunitas guru yang dilakukan oleh PermataBank. Program ini dilaksanakan untuk mengapresiasi para guru yang berasal dari Jabodetabek. Program Guruku Permataku memberikan pelatihan dan seminar yang diperlukan oleh para guru, seperti cara mengajar yang inovatif, kreatif, dan up-to-date. Program ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill para guru dengan menghadirkan berbagai pendidik ahli. Kegiatan ini telah dilaksanakan selama 2 tahun dengan mengundang 200 guru terpilih setiap tahunnya.

  • Edukasi Kelompok Sasaran Tertentu

Selanjutnya, ide lainnya yang dapat dikembangkan menjadi kegiatan CSR yakni pemberian edukasi terhadap kelompok sasaran tertentu. Perusahaan dapat menargetkan penerima dari program kegiatan sesuai dengan aktivitas bisnis yang dilakukan. Salah satu contohnya yakni Program pendidikan menstruasi yang dilakukan oleh Unicharm. Program ini merupakan sebuah program kesehatan masyarakat yang mendidik siswa SD, SMP, dan SMA di beberapa kota Provinsi Jawa mengenai menstruasi dan organ reproduksi wanita. Program Menstrual Education bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar mengenai kesehatan alat reproduksi wanita secara umum. Pada tahun 2016 dan 2017 Unicharm bekerjasama dengan Maxima Indonesia telah mendidik lebih dari 47.000 siswa SD, SMP, dan SMA di 210 sekolah dari 38 kota di Provinsi Jawa.

 

 

 

 

Share This

Share this post with your friends!