Capacity building merupakan salah satu usaha organisasi untuk meningkatkan kualitas dari anggota organisasinya. Selain itu, tidak jarang capacity building juga digunakan sebagai program CSR untuk masyarakat sekitar. Berikut merupakan beberapa program capacity building yang dapat digunakan baik untuk internal organisasi atau sebagai program CSR.

  • Pengembangan Guru

Salah satu pelatihan capacity building yang dapat digunakan untuk program CSR yaitu terkait dengan pengembangan guru. Program pengembangan guru dapat dilakukan untuk meningkatkan kapasitas guru-guru seperti pada program Guruku Permataku. Program ini merupakan salah satu program yang dilakukan oleh Permata Bank yang bekerja sama dengan Maxima.id. Program ini menyasar guru-guru yang berada di Jabodetabek dengan tujuan bertujuan untuk meningkatkan soft skill para guru. Program ini menghadirkan berbagai pendidik ahli untuk memberikan pelatihan dan seminar seperti cara mengajar yang inovatif, kreatif, dan up-to-date. Program ini dilakukan selama 2 tahun dengan mengundang 200 guru di seluruh Jabodetabek.

  • Pengembangan Karyawan

Selain sebagai program CSR, capacity building bisa dilakukan sebagai sarana untuk mengembangkan kualitas dari karyawan seperti pada KPPN Biak. Program ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh KPPN Biak yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas karyawan agar dapat meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta meningkatkan pelayanan publik. Program ini berupa workshop yang diikuti seluruh pegawai KKPN Biak. Workshop terdiri dari 3 sesi mengenai motivasi kehidupan dimasa pandemi, motivasi kerja pegawai dalam organisasi, dan fungsi kepemimpinan di masa krisis pandemi yang dilaksanakan selama satu hari. 

  • Pengembangan Murid

Program capacity building lainnya yang bisa dijadikan ide untuk CSR yaitu pengembangan murid. Program pengembangan murid dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas murid yang tidak diajarkan di sekolah formal seperti program permataBankir Cilik. PermataBankir Cilik adalah program edukasi komunitas dari Permata Bank yang memberikan pendidikan dasar bagi siswa sekolah dasar terpilih di Jabodetabek. Program ini bertujuan untuk mengedukasi literasi keuangan untuk pelajar SD dan setingkatnya sehingga dapat menginspirasi generasi muda untuk menjadi Duta Menabung. Program ini telah dilaksanakan selama 3 tahun dengan mengundang 100 siswa setiap tahunnya serta melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus dari SLB A dan SLB B di Jakarta.

Share This

Share this post with your friends!