Select Page

Terkepung wabah pandemi COVID-19, bersepeda alias gowes kembali menjadi tren tak hanya di dunia olahraga, namun juga sebagai moda transportasi andalan. Banyak pekerja mulai menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor. Tak hanya dapat menyehatkan badan dan mental, bersepeda dinilai lebih hemat karena tak memerlukan bahan bakar. Terlebih ketika liburan akhir pekan, tak sedikit masyarakat berbondong-bondong bersama teman atau keluarga mengayuh sepeda di jalan-jalan besar.

Sepeda sudah dikenal sejak abad 18, alat transportasi ini pertama kali ditemukan di Perancis dengan nama Velocipede. Bentuk sepeda pada awalnya tidak seperti yang kita lihat sekarang ini, bentuk dan modelnya terus beradaptasi mengikuti perkembangan zaman. Meski bentuknya berubah-ubah, cara kerja nya yg tetap sama dari masa ke masa, yaitu dikayuh. Sepeda memiliki prinsip, apabila pedal sepeda sebagai motor penggerak tak dikayuh, maka roda sepeda takkan bergerak, kemudian sepeda akan jatuh.

Prinsip sepeda ini dapat dianalogikan seperti prinsip dalam dunia wirausaha atau bisnis. Di tengah menjamurnya usaha atau bisnis sebagai mata pencaharian, persainganpun semakin ketat. Bisnis yang tidak berusaha bersaing, akan tertinggal. Mengenang mendiang presiden ketiga yang juga dikenal sebagai seorang wirausaha, B.J. Habibie, yang berkata “Saya memiliki mental sepeda. Jika sepeda tidak dikayuh, ia akan berhenti. Artinya, jika Saya tidak bekerja, Saya akan mati.”

Dalam berbisnis, perlu adanya prinsip untuk bisa bertahan di tengah sengitnya persaingan. Berikut ini merupakan 10 prinsip bisnis sukses yang dikemukakan oleh Dhidiek D. Machyudin:

  1. Semangat

Memiliki semangat yang tinggi merupakan prinsip bisnis sukses untuk memulai suatu bisnis atau usaha yang baru. Karena bukanlah tujuannya tapi sebuah proses atau perjalananyalah yang menjadikan penghargaan terbesar bagi para pebisnis atau wirausahawan.

  1. Tidak Takut Gagal

Bagi para pebisnis atau wirausaha memiliki prinsip bisnis sukses yang satu ini wajib, karena sebuah teori saja yang dimiliki akan sia-sia kalau tidak dipraktekkan. Maka dengan begitu akan merasakan atau mengalaminya sendiri dan hal yang terpenting jangan takut untuk gagal di awal.

  1. Bertindak dengan Tepat

Berada dimanapun resiko itu pasti ada, resiko adalah hal sering kali kita hindari, dari resiko yang satu ini, tetapi menemukan lagi resiko yang lainnya lagi.

Maka perhitungan yang terbaik itu penting sebelum mengambil keputusan atau memutuskan sesuatu, terutama jika tingkat resiko yang tinggi dalam menjalankan suatu bisnis.

  1. Inovatif dan Kreatif

Inovasi dan kreativitas adalah prinsip bisnis sukses yang utama bagi para pebisnis dan seorang wirausaha. Dalam segala hal inovasi dan kreativitas seorang pebisnis atau wirausaha harus berkembang terus.

  1. Sabar, Tekun, dan Ulet

Tidak kalah pentingnya prinsip bisnis sukses yang lainnya dalam berusaha yaitu ketekunan dan kesabaran, meskipun berbagai bentuk percobaan, permasalahan dan kendala ataupun orang lain menganggap remeh tetap harus kita dihadapi.

Dengan kesabaran dari timbulnya sebuah permasalahan biasanya dapat memahami bagaimana cara mengatasinya. Sehingga dapat menghadapinya dan memecahkan masalah itu secara baik dan optimal.

  1. Ambisius

Dalam menjalankan apapun jenis usahanya, maka seorang pebisnis harus berambisi ketika menjalankanya agar mencapai hasil yang maksimal.

  1. Optimis

Optimis merupakan prinsip bisnis sukses yang penting bagi pebisnis, karena optimis atau percaya diri adalah sebuah keyakinan untuk memotivasi diri sendiri. Apapun usaha yang akan kita jalankan, jika kita punya rasa optimis maka akan sukses sesuai harapan.

  1. Peka Terhadap Keinginan Pasar

Prinsip bisnis sukses secara mutlak yang harus dijalankan oleh seorang pebisnis yaitu peka atau dapat mengetahui peluang pasar yang sedang berkembang, baik pasar secara lokal, regional ataupun internasional. Dalam mengambil peluang pasar dengan baik, maka peluang sekecil apapun harus bisa diidentifikasi secara baik.

  1. Pantang Menyerah

Kapanpun waktunya kata pantang menyerah merupakan bagian yang harus selalu dilakukan. dalam kondisi apapun, baik ketika kondisi mendukung atau bahkan saat keterpurukan dalam usaha kita.

  1. Mandiri

Dari prinsip bisnis sukses sebuah kemandirian adalah panduan dalam berbisnis atau berwirausaha. Menjadi pebisnis yang mandiri sangat penting, karena untuk menghindari ketergantungan dari berbagai pihak yang berkepentingan dengan bisnis atau usaha kita.

 

Bisnis memiliki peranan penting dalam perputaran roda ekonomi. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang mencoba membuka unit usaha kecil, menengah hingga besar dan beralih profesi menjadi pebisnis. Tentu untuk menjadi seorang pebisnis dibutuhkan _upgrading skill_ yang mumpuni untuk bisa terus bertahan dengan segala kondisi. Maxima Indonesia selaku konsultan yang bergerak dibidang sektor publik, terbukti telah berupaya meningkatkan kualitas para pelaku bisnis dan usaha melalui berkolaborasi dengan kementerian ketenagakerjaan (Kemenaker) serta berbagai perusahan di Indonesia melalui pelatihan. Dengan pelatihan ini, diharapkan para pelaku bisnis dapat bersaing dengan keunggulan masing-masing.

Source:

https://idcloudhost.com/12-prinsip-bisnis-sukses-yang-penting-diketahui/amp/ [Diakses pada 25 Agustus 2020]

Share This

Share this post with your friends!