oleh: Ladayna Nurul Arasy – Psikologi UI

 

Pernahkah kalian merasa tidak mood untuk tersenyum?

Cemas deadline kerjaan belum selesai…

Takut dimarahin atasan…

Lelah dari pagi hingga sore bekerja…

Kesal mendapat klien yang banyak menuntut…

Kecewa dengan teman-teman di kantor…

Perasaan-perasaan diatas adalah emosi negatif yang seringkali dirasakan oleh pekerja sehingga membuat mereka merasa tidak mood dan berat untuk menujukkan sebuah senyuman. Padahal dibalik senyuman yang kita tunjukkan terdapat berbagai manfaat yang terbentuk.

 

Senyuman merupakan salah satu hal yang paling sederhana untuk dilakukan dan sangat mudah dikenali. Tanpa mengeluarkan uang dan hanya dengan menggunakan anggota tubuh kita bisa mendapatkan segudang manfaat. Bahkan bukan hanya untuk diri sendiri, organisasi tempat kita bekerja dan orang lain yang terkait didalamnya juga akan ikut mendapatkan keuntungan dari sebuah senyuman yang kita lakukan..

 

Yuk, kita simak beberapa manfaat dari tersenyum di tempat kerja!

 

  1. Senyuman baik untuk kesehatan

Mungkin kalian hanya berpikir bahwa tersenyum hanya menjadi simbol dari perasaan bahagia saja namun, senyuman itu sendiri sebenarnya dapat memengaruhi kesehatan fisik maupun mental kita. Penelitian yang dilakukan oleh Bickford (2005) dari Canadian Mental Health Association menunjukkan bahwa senyuman dapat menurunkan tingkat stress dalam lingkungan tempat kerja. Selain itu, senyuman dapat meningkatkan mood dalam bekerja sehingga membantu kita untuk tetap relax. Hal tersebut dapat terjadi karena senyuman yang kita lakukan akan melepaskan endorphins yang berfungsi untuk memunculkan emosi positif.

 

  1. Senyuman meningkatkan hubungan dengan orang lain

Satu senyuman saja yang kita berikan kepada orang lain dapat menunjukkan berbagai makna. Penelitian eksperimen menunjukkan sebuah senyuman akan membuat kita lebih terlihat menarik dan lebih terpercaya dibandingkan dengan menunjukkan ekspresi datar atau tidak tersenyum. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk pekerjaan yang kita miliki, karena hubungan pekerjaan dengan klien, atasan, teman kantor, dan lain-lain akan berjalan lebih baik. Selain itu, orang lain yang diberikan senyuman akan merasa lebih dihargai dan tertarik untuk terus berhubungan dalam jangka panjang dengan kita.

 

  1. Senyuman meningkatkan kesuksesan dalam pekerjaan

Manfaat senyuman secara tidak langsung dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja dan kerjasama tim yang lebih baik, ketika kedua hal tersebut tercapai maka pekerjaan yang kita hasilkan akan meraih kesuksesan. Selain itu, senyuman juga menjadi salah satu inti kesuksesan dari industri yang bergerak dalam bidang jasa. Setiap senyuman yang diberikan kepada klien atau pelanggan secara otomatis akan membuat firts impression yang baik dan memunculkan emosi positif juga bagi klien. Banyaknya klien yang datang karena nyamnya senyuman pasti menguntungkan bukan?

 

Senyuman dapat menguntungkan diri kita sendiri maupun orang lain namun, senyuman yang kita tunjukkan  terkadang menjadi salah satu ekspresi wajah yang membingungkan untuk dimaknai orang lain. Seringkali terdapat perpedaan persepsi dari senyuman itu sendiri. Oleh karena itu, sering kita mendengar istilah senyum palsu, senyum paksaan, senyum sinis, dan lain-lain. Pasti kita tidak mau kan dijuluki dengan istilah-istilah tersebut.

 

Tips untuk menunjukkan senyuman yang natural :

  1. Memilih waktu dan situasi yang tepat
  2. Kenali apa yang membuat kamu harus tersenyum
  3. Tersenyumlah sambil mengingat hal-hal menyenangkan yang pernah terjadi
  4. Buatlah senyuman yang memang nyaman dilakukan sesuai dengan diri kita, jangan terpaku pada bentuk senyuman yang hanya menarik ujung bibir selebar-lebarnya
  5. Perhatikan kebersihan mulut dan kesegaran nafas, sehingga orang lain tidak akan terganggu dengan senyuman kita

 

Jadi, siapkah kalian menjadi karyawan bahagia? Siapkan kaca dan lihat senyuman indahmu! Apabila kurang alami, jangan menyerah untuk mencoba. Ingatlah bahwa dengan satu senyuman yang kita tunjukkan, dapat berperan penting dalam kehidupan kita.

 

  • Let us always meet each other with smile, for the smile is the beginning of love­ –

Mother Teresa

  • Smile in the mirror. Do that every morning and you’ll start to see a big difference in your life-

Yoko Ono

 

 

The following two tabs change content below.
Share This