Bagi kalian yang pernah ikut organisasi baik di sekolah maupun di kampus, pasti tahu kan LDK itu apa? Yaps, LDK itu singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan. Biasanya, kegiatan LDK itu penyampaian materi tentang leadership (kepemimpinan), baris berbaris, kemudian ada  kegiatan alam seperti outbond.

Berbeda dengan LDK yang diselenggarakan SMAN 8 Jakarta. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini, SMAN 8 Jakarta menggaet Maxima, sebagai partner di bidang pelatihan perorganisiran acara, salah satunya kegiatan tahunan Latihan Dasar Kepemimpinan SMAN 8 Jakarta. Di mana peserta kegiatan ini ialah siswa/siswi kelas X dan XI yang mengikuti OSIS dan MPK. 

Selain kegiatan fisik dan mental, kegiatan LDK SMAN 8 Jakarta yang berkolaborasi dengan Maxima ini memperkenalkan sebuah Social Project (kegiatan sosial). Social Project yang dimaksud adalah sebuah aksi atau kegiatan sosial yang melibatkan peserta untuk melakukan interaksi langsung ke masyarakat sekitar. Mereka melakukan observasi di lapangan, kemudian para peserta LDK diminta untuk mempresentasikan konsep atau kegiatan sosial mereka sebagai kontribusi untuk masyarakat sekitar.

“Social project ini dipandu langsung oleh Ivan Ahda, selaku CEO Maxima Indonesia. Para peserta terjun langsung ke masyarakat. Ada yang bersih-bersih, ada yang main dengan anak-anak, kemudian dari observasi tersebut, mereka diminta untuk mempresentasikan dan diharapkan dapat membuat konsep kegiatan sosial sebagai bentuk kontribusi untuk masyarakat sekitar,” jelas Mogi Bian Darmawan, selaku Project Leader pada kegiatan Term of Reference Diklat Pemantapan Akhir Latihan Kepemimpinan Siswa 2017 ini.

Kegiatan LDK yang diadakan selama empat hari tiga malam ini berlokasi di Asrama Haji, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Di hari pertama dan hari kedua para peserta mendapatkan materi antara lain, seminar interaktif dan sharing tentang leadership dan Public Speaking dari Maxima. Kemudian kegiatan Talkshow tentang Keorganisasian yang dipandu oleh Fitria Salma dan Rafif Adit S., sebagai pembicara. Dilanjut seminar interaktif dan sharing Event Organizing dari Maxima. Di hari ketiga dan keempat, peserta melaksanakan kegiatan Social Project dan diakhiri dengan Outbond.

Dengan adanya Social Project ini, Ivan Ahda, selaku CEO Maxima, berharap agar siswa/siswi SMAN 8 Jakarta dapat berkontribusi terhadap masyarakat dengan keahlian leadership mereka.

The following two tabs change content below.

Ayunita Xiao Wei

#Maximizers - Media Monkey at maxima.id
Share This