Pengetahuan mengenai kewirausahaan merupakan salah satu modal utama untuk meraih kesuksesan bagi wirausahawan. Penting bagi kita untuk mengetahui prinsip-prinsip dasar berwirausaha agar tujuan utama berwirausaha, yaitu memperoleh keuntungan, bisa tercapai.

Seminar Kewirausahaan Pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) baru saja dilaksanakan. Acara ini memiliki tujuan utama yaitu mengadakan training entrepreneur sharing session untuk mengedukasi nasabah dan non-nasabah serta mensosialisasikan produk mikro. Bagian Marketing dan Coorporate Social Responsibility merupakan divisi utama yang menyelenggarakan acara ini. Maxima sebagai partner kerja dalam menyelenggarakan acara ini turut berpartisipasi dengan turun ke daerah-daerah untuk mengkoordinir acara serta membantu segala persiapan teknis acara seperti transportasi, mobilisasi, dokumentasi, serta membantu non-teknis dengan membantu tim leader.

Acara ini diselengarakan pada tanggal 14 Maret 2017 dengan kota awal Kendari hingga tanggal 4 Mei 2017 di kota terakhir yaitu Kota Padang. Kota-kota yang terlibat dalam pelaksanaan acara ini adalah kota Kendari, Makassar, Ambon, Ende, Dompu, Samarinda, Pekanbaru, Palu,  Sorong, Banjarmasi, Medan, dan Padang.

Maxima dan Pegadaian pusat beserta Pegadaian daerah merupakan pihak-pihak yang menyelenggarakan acara ini hingga meraih kesuksesan. Acara ini diikuti oleh nasabah Pegadaian dan non-nasabah.

Dalam pelaksanaannya, tim maxima tidak terlepas dari hambatan dan kendala lapangan, seperti misalnya hambatan komunikasi dimana terdapat gangguan dalam sosialisasi dari bagian pusat ke daerah, standarisasi pusat dan daerah yang berbeda, transportasi trainer ke lokasi yang cukup jauh sehingga butuh ditangani dengan baik. Beruntung kendala-kendala tersebut berhasil ditangani oleh tim dari Maxima Indonesia. Acara Seminar Kewirausahaan Bersama Pegadaian ini sukses berlangsung di 12 daerah di Indonesia.

Tentunya, terselenggaranya acara ini menambah pengalaman berharga bagi setiap anggota tim Maxima yang diutus untuk turun langsung ke lapangan. Weni Pebriani, sebagai project leader dari Maxima dalam acara ini menuturkan, “ini menjadi achievement yang oke untuk Maxima. Acara ini mengantarkan tim Maxima ke berbagai daerah untuk mengkoordinir penyelenggaraan acara. Moving di 12 kota di Indonesia dan meng-handle berbagai event di berbagai kota tersebut tentunya menjadi pelajaran yang besar bagi tim Maxima”. Selain itu acara ini juga memperluas jaringan Maxima ke berbagai pegadaian di daerah-daerah yang dikunjungi. Menurut Weni, acara ini kedepannya bisa dilaksanakan dengan mengundang narasumber yang berasal dari sektor-sektor yang lebih bervariasi lagi. Hal ini mungkin dapat menambah wawasan peserta dalam mengikuti seminar yang diadakan karena materi yang lebih variatif.