PROFIL PEMANDU

Drs. Asep Haerul Ghani

Pembicara Handal dalam bidang Human Capital ini telah mendapatkan penghargaan 2 kali HR Excellent Award dalam bidang Training & Development dari LM FE UI-Majalah Swa dan HRI, Master Trainer EMPLOYEE-MANAGEMENT COOPERATION , ILO – APINDO,  Penggiat pembelajaran Ericksonian Hypnotherapy dan Self Relation Psychotherapy di Indonesia, Penulis Buku  “Forgiveness Therapy:Maafkanlah, Niscaya Dadamu Lapang”, Pengasuh Pondok Pesantren Hypnotherapy Ciputat, Peneliti Indigenous & Cultural Psychology.

Drs. Asep Haerul Ghani, Psikolog, saat ini menjadi Human Capital Advisor di perusahan pertambangan. Selama karirnya, ia praktisi SDM di berbagai perusahaan Multi National Company dengan karir puncaknya pada level Directorship. Alumnus Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini pernah menjabat sebagai Ketua Komite Perdagangan Kamar Dagang dan Industri Provinsi Banten, Anggota Dewan Pengupahan Kota Cilegon, Pendiri dan Sekjen Pertama Asosiasi Psikologi Islami dan menjadi Anggota dari Himpunan Psikologi Indonesia.

Kang Asep lebih dari 13 tahun menggeluti bidang SDM khususnya dalam bidang usaha retail. Ketertarikannya pada kearifan lokal membuatnya menyukai Indigenous Psychology – satu bentuk Psikologi yang mengkaji dan memodel kearifan dan kebajikan lokal. Tak heran bila mahasiswa berprestasi UI dalam bidang penelitian ini gemar terlibat dalam bidang penelitian masyarakat karena memacunya untuk menemukan ‘teori‘ dari keragaman tradisi di bangsa sendiri.

Tahun 1995, ia dipinang oleh Prof. Dr. Zakiah Daradjat untuk turut membidani program Psikologi sekaligus Dosen Luar Biasa di IAIN (sekarang UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia juga menjadi dosen tamu di Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Kebangsaan Malaysia. Ia adalah salah satu pendiri sekaligus Sekjen pertama Asosiasi Psikolog Islam (API).

Haji Hasan Mustapa, Abah Sunarya, Ki Sholawat dan Mang Jaya membuatnya tertarik belajar mandiri mengenai public speaking dan folklore dari siapapun di tempat yang disinggahinya. Tak heran bila sewaktu studi di Sekolah Pendidikan Guru Negeri I Setiabudi Jakarta, selain menjadi Guru privat ia pun kerap diundang mendongeng, ceramah dan modana « spesialis juru bicara pada acara melamar dan pernikahan.

Minatnya terhadap kegiatan pengembangan komunitas membuatnya akrab dengan anak-anak jalanan di sekitar Pasar Senen, Preman-preman Pasar Tanah Abang dan Para Pekerja Seksual di Bongkaran Tanah Abang . Di Garut, tempat kelahirannya, ia membangun Riungan Rumaja Rancage, LSM yang bergerak dalam pemberdayaan siswa lulusan SLTA yang hampir menganggur. Di Aceh pasca tsunami 2004 , ia mengawinkan keahlian memanfaatkan kearifan lokal untuk swaterapi bagi para guru dan murid agar cepat sembuh dari trauma.

Asep Haerul Gani selain mengasuh Pondok Pesantren Hypnotherapy Ciputat, ia juga merupakan Lonely Trainer dari berbagai program training seperti: training for trainers, public speaking, presentation skills, interpersonal skills, team building, coaching and mentoring, quality, psychotherapy, metaphor therapy dan hypnotherapy serta berbagai pelatihan yang terkait dengan fungsi-fungsi HRD.

Lembaga yang pernah dilayani antara lain PT. Essence Indonesia, Paragroup, PT Cognis Indonesia.YAS, ATC,RTC, MM-UGM, LPPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, IAILM Tasikmalaya, Pusat Krisis UI, SDIT Imam Buchori, Semut-semut-The Natural School Depok; Boarding School Nurul Fiqri Serang dan Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya.

 

Yuk,  ikut Publik Seminar bersama Kang Asep yang diselenggarakan Maxima Indonesia!

Catat tanggalnya ya! 🙂

Source:

http://yuwardi.com/about/best-from-the-best/asep-haerul-gani/

https://www.facebook.com/asephaerulgani?hc_ref=ARRaSJoii7sV7hjseFHax6H70uISLmZLh1Y5sKw8p9L1pFEpOa6R4jbnaN4V-fQdWlo

The following two tabs change content below.

Ayunita Xiao Wei

#Maximizers - Media Monkey at maxima.id
Share This