Komunitas Rumah Bahari Gemilang (RUBALANG), sebuah komunitas gerakan peduli pesisir berbasis edukasi asal Sulawesi Tengah ini kembali mengadakan kegiatan tahunannya bertajuk Gemilang Youth Forum (GYF) yang ke-4 bersama Maxima Indonesia sebagai mitra strateginya.  

Gemilang Youth Forum (GYF) adalah forum kepemudaan berbasis pelatihan dan pengembangan diri yang berfokus pada penanaman nilai “kepemimpinan” dan “kepedulian”. Tahun 2017 ini, GYF ke-4 mengangkat tema “PETUALANG MUDA, PENGGERAK PERUBAHAN” yang diselenggarakan pada 15-18 September 2017 di Kota Palu, tepatnya di Pulau Kebetan Tolitoli.

Peserta GYF adalah 50 mahasiswa terpilih melalui proses seleksi dari 100 peserta wilayah Sulteng. Menurut Tofan Saputra, salah satu pengurus Rubalang, komunitas ini memilih mahasiswa sebagai peserta karena mahasiswa ialah kaum intelektual dan calon pemimpin. Bagi Rubalang, mahasiswa memiliki kekuatan besar yang mampu mewujudkan perubahan di negeri ini.

Sebelum turun ke lapangan untuk ikut merasakan tinggal bersama masyarakat pesisir Pulau Kebetan Tolitoli, peserta diberi pelatihan terlebih dahulu di Palu selama dua hari. Pelatihan tersebut berisi tentang kepemimpinan (leadership), wawasan kemaritiman, serta pembuatan kegiatan sosial (social project).

Gemilang Youth Forum ke-4 kali ini memiliki tiga agenda, yaitu Inspiring Leadership Talk (ILT), Leadership Forum (LF), dan Home Stay. Pada kesempatan ini, Maxima akan mengisi materi di dua agenda, yaitu ILT dan LF. Di mana, target peserta ILT berjumlah 500 orang, peserta LF 50 orang, kemudian Home Stay 30 orang. 

Dari ketiga agenda tersebut, komunitas Rubalang berharap, GYF bisa menjadi wadah ruang tumbuh kembang pemuda yang memiliki leadership capacity dan grass root understanding, yang pada akhirnya membawa Indonesia lebih baik.

Goal-nya menghubungkan sebanyak mungkin mahasiswa dengan masyarakat pesisir lewat metode Home Stay bersama keluarga pesisir. Harapannya, (semoga) akan lahir kesadaran dan tumbuh (rasa) kepedulian. Mulai lakukan sesuatu untuk Indonesia,” papar Tofan (12/9/2017).

 

Think less, Feel more.
Marilah merasa lebih banyak.

M. Tofan Saputra-

(Pengurus Komunitas Rumah Bahari Gemilang (RUBALANG), Sulawesi Tengah)