Menjadi seorang pemimpin (leader) di sebuah perusahaan atau organisasi tentu bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Ia harus memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership sebagai salah satu syarat menduduki posisi tersebut. Setiap pemimpin tentu memiliki jiwa kepemimpinan, namun seiring waktu jiwa kepemimpinan tersebut bisa pudar apabila tidak ditingkatkan.

Nah, kali ini Maxima sebagai institusi yang memberikan jasa terkait pengembangan sumber daya pada perusahaan dan organisasi, memberikan pelatihan kepemimpinan kepada Top Leader (para pimpinanSMA Avicenna yang bertajuk “Leadership School Governance” pada Jumat dan Sabtu, 21-22 Juli 2017 berlokasi di Aula SMA Avicenna.

Pelatihan ini dipandu oleh Dinar A. Hadi, specialist trainer dari Maxima, sekaligus Leader Facilitator dalam acara ini. Di hari pertama, dimulai dengan pembukaan dari Maxima oleh Weni Pebriani, selaku Project Leader. Sesi pertama, pemberian materi tentang dunia pendidikan dan peran leader di sekolah oleh Munif Chatib, sebagai pakar pendidikan. Kemudian di sesi kedua, diisi oleh Harri Firmansyah, sebagai High Class Respon, pada sesi ini peserta diminta menuliskan hambatan selama menjadi leader, setelah itu didiskusikan dalam kelompok, kemudian dipresentasikan. Dilanjutkan dengan materi tentang Hakikat dan Dasar-Dasar Kepemipinan serta peran pemimpin.

Di hari kedua, diisi sambutan oleh perwakilan dari Yayasan Pendidikan Avicenna Prestasi yang kemudian dilanjutkan dengan sesi Ice Breaking yang dipimpin oleh Dinar A. Hadi. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi dan aktivitas mengenai POAC (Planning, Oragnizing, Actuatung, dan Controlling) oleh Hilman Sahidin, sebagai organitational development.

Sesi aktivitas terakhir adalah wrap up oleh trainer dengan aktivitas memberikan apresiasi (dalam kelompok dan mengatakan langsung bentuk dukungan yang akan diberikan untuk rekannya). Selanjutnya peserta melakukan ikrar bersama sebagai pemimipin di sekolah. Diakhiri, pengumuman kelompok dan individu terbaik.

Dari pelatihan ini, Weni Pebriani, selaku Project Leader mengharapkan, peserta dapat mengetahui dan memahami peran sesungguhnya dari seorang pemimpin, yaitu mampu menggerakkan dan memotivasi orang-orang yang berada di bawahnya. Kemudian, peserta juga diharapkan mampu memberikan teknik-teknik merespon dengan baik melalui teknik atau tips yang diberikan dengan metode High Class Respon. Dari materi POAC diharapkan peserta lebih kuat, tersistem dan terjaga alurnya.

 

The following two tabs change content below.

Ayunita Xiao Wei

#Maximizers - Media Monkey at maxima.id
Share This