Mahasiswa baru adalah bibit-bibit unggul yang memiliki potensi besar untuk memimpin di kampus. Banyak mahasiswa baru yang dulunya aktif di sekolah, memilih untuk tidak aktif kembali di kampus karena tidak menemukan wadah yang tepat untuk pengembangan potensinya.

Padahal, kampus merupakan tempat yang tepat untuk melatih dan menciptakan kader-kader pemimpin Indonesia di masa depan. Program Pionir Muda hadir untuk mengakselerasi kemampuan dan jejaring peserta sehingga pasca pelatihan peserta mampu menebarkan manfaat bagi lingkungan sekitarnya dengan optimal.

Program Pionir Muda diinisiasi pertama kali oleh Maxima yang diadakan di IPB dan UI pada tahun 2016. Melihat efektifitas pasca kegiatan tahun lalu, Maxima bersama XL Future Leaders dan local partner mengadakan kembali Pionir Muda “Accelerate Network and Maximize Potential” untuk mencari dan mengembangkan bibit-bibit kepemimpinan pada mahasiswa baru.

Tahun ini, Pionir Muda diselenggarakan di tiga universitas, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Program ini pertama kalinya dilaksanakan pada tahun 2016 di IPB dan UI. Melihat baiknya respon dari pelaksanaan Pionir Muda IPB dan UI, maka tahun ini Pionir Muda melebarkan sayapnya ke kampus lain yaitu UNJ.

Registrasi calon peserta Pionir Muda 2017 harus mengisi formulir terlebih dahulu di maxima.id/pionirmuda, kemudian mengikuti challenge selection, lalu mengikuti dua course online di elearn.id/course, terakhir tahap interview. Setiap kampus akan dipilih 30 terbaik setelah melewati seleksi tersebut.

Sebelum penyeleksian, Pionir Muda membuka Kick start yang diselenggarakan di tiap kampus dalam waktu yang berkesinambungan. Dimulai dari IPB, kemudian UI, terakhir UNJ.

1. KICK START PIONIR MUDA IPB 2017

Kick start Pionir Muda di kampus IPB dihadiri oleh special speakers, seperti Baban Sarbana (Ketua DPC HA IPB), Weni Pebriani (CMO Maxima), Panji Laksono (PRESMA BEM KM IPB 2015).

2. KICK START PIONIR MUDA UI 2017

Kemudian di UI, special speakers yang hadir, yaitu Iis Susilawati (Transformational Life Coaching), Lafiona Grezelda (XLFL Youth Program Ambassador), Edwin Leo Mokodompit (XLFL Program Facilitator), dan Valdi Rachman (Fasilkom UI 2013 – Peraih IPK 4.0 – Business Analyst BCG).

2. KICK START PIONIR MUDA UNJ 2017

Terakhir, special speakers di UNJ, yaitu Fattah Amal Iko, S.Pd (Ketua BEM FIS 2015 – Founder Serikat Mahasiswa Perubahan UNJ), Agus Taufiq, S.T. (Production Manager Maxima – CMO PT Mentari Billboard), dan Dina Chaerani, S.Pd. (President of Youth Coalition for Girls – Mahasiswa Berprestasi UNJ 2016).

Mogi Bian Darmawan, selaku Project Leader Pionir Muda 2017 sekaligus Wakil Presiden Mahasiswa IPB 2016 ini berharap agar program Pionir Muda dapat membuka kesempatan bagi seluruh pihak untuk ikut serta dalam mempersiapkan pionir muda yang akan memimpin bangsa Indonesia.

“Program ini adalah ikhtiar kami dalam menghadirkan kader-kader pemimpin alternatif di kampus dan masyarakat. Kami membuka kesempatan bagi semua pihak untuk ikut serta dalam mempersiapkan pionir yang akan memimpin Indonesia ke depan,” tutur Mogi. (Kamis, 28 September 2017)

The following two tabs change content below.
Share This