Bisa jadi salah satu hal yang menyebabkan karier seseorang tidak berkembang yaitu gagal menjadi orang yang menyenangkan. Dalam kenyataannya, tidak semua orang memiliki skill ini. Lalu bagaimana caranya?

Yasa Paramita Singgih atau yang lebih dikenal dengan Yasa Singgih, seorang entrepreneur muda sukses asal Bekasi ini berbagi inspirasinya tentang 4 Magic Words. Menurutnya, empat kata tersebut bagian dari kecerdasan emosional (Emotional Quotient/EQ)  seseorang yang memengaruhi perkembangan kariernya.

Dilansir dari akun Instagram Test_Psikologi yang membahas #PersonalThought from Yasa Singgih, empat kata tersebut yang dimaksud ialah “Permisi, Maaf, Tolong, dan Terima Kasih”.

“Percaya nggak karier seseorang itu tergantung banget sama cara dia bikin orang lain nyaman; entah itu rendah hati, friendly, easy going, tata krama, sopan, gunain “maaf, tolong, permisi, dan terima kasih”. Bahasa kerennya EQ, kecerdasan emosional seseorang untuk mengelola emosinya saat berhubungan dengan orang lain,” tutur Yasa dikutip dari akun instagram Test_Psikologi pada Kamis, 19 Januari 2017.

        

Yasa mengatakan, bahwa kata tersebut masih “mungkin”, hal tersebut berdasarkan feeling Yasa yang muncul dari pengalaman di lapangan saat ia bertemu dengan banyak orang.

“Sekali lagi, ini masih mungkin, cuma berdasarkan feeling saya. Tetapi, rasanya feeling saya ini muncul atas pengalaman di lapangan ketemu banyak orang. Setiap kali bertemu orang-orang hebat, ada feeling, ‘Ini orang asik banget bikin kita nyaman ya’,” terang Pria kelahiran tahun 1995 ini.

Bagi Yasa, seseorang tidak harus menjadi orang yang super bawel atau terlalu banyak basa-basi, tetapi haruslah menjadi orang yang menyenangkan. Menjadi orang yang menyenangkan butuh latihan. Bagaimana caranya?

“Banyakin ketemu dan berteman sama orang-orang yang menyenangkan juga. Se-simple itu aja” ujar Yasa.

Pria pemilik Men’s Republic ini mengingatkan kembali kepada para pembaca untuk selalu menggunakan 4 Magic Words tersebut “Permisi, Maaf, Tolong, dan Terima kasih. Terutama untuk kata terima kasih.

“Terakhir, sekali lagi, selalu gunakan 4 Magic Words tersebut. Terutama (ucapan) terima kasih. Mungkin, lagi-lagi mungkin, hidup seseorang nggak berkembang karena dia nggak punya kebiasaan untuk mengucapkan terima kasih sama orang lain. Kalau untuk ngucapin terima kasih aja susah, rasanya susah bagi dirinya untuk banyak terima hal-hal yang baik,” tutup Yasa.