Setiap orang pasti ingin mempunyai kesan positif saat pertama kali berkenalan atau bertemu dengan orang baru. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Banyak hal kecil yang penting, tapi disepelekan. Seperti apa sih? Yuk simak tips ini agar kita bisa jadi pribadi yang menyenangkan saat dikenang.

1.Jadilah menyenangkan dan beri pujian!

Ketika kita membuat seseorang tertawa, tersenyum, atau dikagumi, secara alami mereka membalas perasaan tersebut kepada kita. Menurut Psikolog, Anne Demarais, pendiri perusahaan pembinaan perilaku First Impressions, ketika kita memberi pujian yang tulis pada seseorang yang baru dikenal, mereka akan cenderung menginternalisasi perasaan positif terhadap kita. Tetapi, tidak cukup jika hanya menjadi penyanjung, kita perlu memancarkan aura dan sikap ramah sehingga mereka bisa melihat ketulusan dari kita.

2. Memiliki percakapan yang seimbang

Hindari memonopoli pembicaraan. Berbicara sedikitlah tentang diri kita, lalu ajukan pertanyaan. Pastikan kita memberi kesempatan orang lain untuk berbicara. Percakapan terbaik adalah menciptakan kesempatan untuk saling timbal balik. Percakapan akan membosankan jika hanya kita yang berbicara, sementara orang lain tidak memiliki kesempatan untuk mengobrol bersama.

3. Berbusanalah yang tepat

Memiliki kesan yang happy ending adalah dambaan semua orang. Maka dari itu, berbusanalah yang tepat. Outlook sangat memengaruhi bagaimana kita membawa diri. Jika kita ingin dihargai, maka hargai diri kita terlebih dahulu. Tidak perlu pakaian mewah atau mahal, cukup kenakan busana yang bersih, wangi, dan rapi. Dengan begitu, orang lain akan nyaman di dekat kita.

4. Tunjukkan ketertarikan

Cara yang efektif untuk meninggalkan kesan yang baik pada orang baru berkenalan ialah tertarik dengan percakapan yang sedang berlangsung. Jill Spiegel, penulis buku How to Talk to Anyone About Anything! Mengatakan, Bila Anda Tertarik, Anda Menarik. Dengan mengajukan pertanyaan serta menunjukkan ketertarikan, seperti mengangguk atau tersenyum mebuat mereka merasa dikagumi, selanjutnya membuat mereka mengagumi kita.

5. Perkanalkan diri dengan baik

Perkenalkanlah diri kita dengan ramah, singkat, dan jelas. Tidak perlu menyebutkan hal-hal yang tidak penting, seperti jenis penyakit yang diderita, jumlah gaji yang diterima, atau sikap bos yang galak. Namun, jika teman ingin mencari tahu lebih dalam mengenai kita, ceritakanlah!

6. Berkontribusi dalam percakapan

Bukan hanya sebuah percakapan, tapi menambah nilai pembicaraan itu sendiri. Ketika kita ikut andil dalam percakapan, perhatikan bahwa kita benar-benar memahami topik yang ada.

Cara lainnya adalah secara aktif mencoba untuk membuat semua orang di sekitar kita lebih nyaman. Cobalah perkenalkan orang-orang yang sebelumnya belum bertemu dalam percakapan. Orang lain tentu akan kagum dengan kemurahan hati kita dan terinspirasi oleh kepemimpinan kita.

7. Lakukan kontak mata

Tidak peduli siapa yang berbicara pada kita, kontak mata ialah kunci untuk menjaga seseorang tertarik dan terlibat. Adanya kontak mata, menunjukkan bahwa kita ialah orang yang tulus. Orang lain yang berbicara dengan kita, tentu merasa dihargai oleh kita.

8. Pahami kapan percakapan harus berakhir

Dalam situasi apapun, seperti rapat atau bertemu dengan teman lama, kita harus tahu kapan percakapan harus berakhir dan berilah kesan positif. Jika lawan bicara sudah tidak fokus pada kita atau meringkas percakapan, itu merupakan sinyal agar percakapan tersebut segera berakhir.

Jangan sampai ketika teman ingin mengakhiri pembicaraan, lantas kita masih asyik bercerita. Kita bisa dianggap teman yang cerewet dan membosankan.

Menjadi sosok yang menyenangkan dan dikenang bukanlah hal yang sulit. Semua tergantung bagaimana sika kita memperlakukan orang lain. Bertemu dengan orang baru memang menyenangkan, namun tetap hati-hati. Lakukanlah sebijak mungkin. Selamat mencoba!

Sumber: Merdeka.com

 

The following two tabs change content below.
Share This